DVI Ambil Sampel Darah Orang Tua Herjuno, Staf Pelindo Korban Lion Air

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 30 Oktober 2018 - 12:29 WIB
DVI Ambil Sampel Darah Orang Tua Herjuno, Staf Pelindo Korban Lion Air
Petugas DVI Polda DIY saat mengambil sampel pipi bagian dalam orang tua Herjuno, salah satu penumpang Lion Air asal Gunungkidul. (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Tim disaster victim identification (DVI) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendatangi rumah orang tua Herjuno Darpito di Dukuh Nogosari I, Desa Bandung, Kecamatan Playen, Gunungkidul, Selasa (30/10/2018). Herjuno merupakan staf Pelindo, salah satu penumpang pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat (Jabar), Senin (29/10/2018).

Petugas DVI memeriksa Marwandi dan Nasiah, orang tua Herjuno Darpito. Mereka mengambil sampel darah dan juga usapan pipi bagian dalam kedua orang tuanya. Nanti hasil sampel itu akan langsung dikirim ke Rumah Sakit (RS) Kramat Jati untuk kepentingan penyelidikan.

Kaur DVI Polda DIY Titi Rahma mengatakan, sampel dibutuhkan sebagai data ante mortem dari orang terdekat korban, dalam hal ini keluarga. Hasil sampel akan dicocokan dengan para korban yang ditemukan.


“Hasilnya langsung kami kirim ke pusat. Yang kami ambil sampel darah dan usapan pipi bagian dalam dari orang tuanya,” kata Titi, Selasa (30/10/2018).

Pihak keluarga menyambut baik pengambilan sampel darah yang dilakukan oleh petugas. Selain itu, mereka juga dimintai sejumlah keterangan soal tanda lahir atau tanda fisik lainnya dalam mengidentifikasi korban.


“Mereka ditanya apa kakak saya punya tanda lahir atau bekas luka. Kami juga ditanya apa pernah dirinya melakukan pemeriksaan gigi. Kami jawab semua dan berharap yang terbaik agar kakak saya bisa ditemukan,” ucap Rifki Johan, adik dari Herjuno Darpito.

Diketahui,Herjuno Darpito merupakan anak dari Marwandi, pensiunan guru. Dia masuk dalam daftar manifest penumpang yang beredar di nomor urut 64. Herjuno menyelesaikan pendidikan di SD Mendongan dan melanjutkan ke bangku SMP 2 Playen. Lulus, dia melanjutkan sekolah di SMA 1 Wonosari dan akhirnya kuliah di Semarang.

Herjuno merupakan anak yang pendiam tetapi cerdas. Begitu selesai kuliah langsung mendaftar dan diterima bekerja di Pelindo. Dirinya sudah berumah tangga dan tinggal di Tangerang, Banten.


Editor : Donald Karouw