Ekonomi Melambat, Sandi: Harus Ada Gerakan Konkret untuk Masyarakat

Kuntadi ยท Jumat, 15 November 2019 - 02:26:00 WIB
Ekonomi Melambat, Sandi: Harus Ada Gerakan Konkret untuk Masyarakat
Pengusaha Sandiaga Uno berharap ada gerakan konkret untuk membantu ekonomi masyarakat. (Foto: Dok. iNews.id)

BANTUL, iNews.id - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno menilai saat ini pertumbuhan ekonomi nasional melambat. Karena itu, dia berharap ada gerakan langsung yang konkret di masyarakat

Saat ini, kata Sandi, BUMN harus difokuskan untuk menjaga ekonomi nasional agar terus bertumbuh. Membuka lapangan pekerjaan dan BUMN harus berperan banyak dalam mengelola hak hajat hidup orang banyak.

“Fungsi BUMN untuk kepentingan bangsa Indonesia harus dipisahkan apakah untuk menciptakan profit atau pelayanan publik,” kata Sandiaga Uno di Grand Dafam, Yogyakarta, Kamis (14/11/2019).

Diakuinya, saat ini ada beberapa BUMN yang merugi. Namun tidak semuanya merugi. Ada beberapa yang bisa disiasati dengan fokus pada menjaga pertumbuhan ekonomi.

Dari 100 perusahaan BUMN, 20 sampai 25 di antaranya adalah BUMN yang paling besar dan berpengaruh di Indonesia.

Sandi mengaku saat ini memilih fokus dalam pengembangan dan pendampingan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

“Saya sedang fokus dalam mengembangkan UMKM, untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," katanya.

Dia tertantang untuk mengembangkan UMKM karena banyak menciptakan lapangan kerja dan membuka peluang ekonomi baru. Mantan Wakil Gubernur DKI ini ingin memastikan kesejahteraan di level masyarakat bawah bisa terjaga.

Editor : Kastolani Marzuki