Fakultas Hukum UCY dan Peradi Jajaki Kerja Sama Pendidikan Khusus Profesi Advokat

Priyo Setyawan · Kamis, 12 November 2020 - 21:30:00 WIB
Fakultas Hukum UCY dan Peradi  Jajaki Kerja Sama Pendidikan Khusus Profesi Advokat
FH UCY dan DPN Peradi saat mengadakan pertemuan membahas kerjasama RKPA Kamis (12/11/2020). (Foto: Istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Fakultas Hukum (FH) Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) dan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) menjajaki kerjasama di bidang pendidikan khusus profesi advokat (PKPA). Sebagai langkah awal pengurus RBA DPN Peradi yang dipimpin pengurus DPC Peradi Bantul Fajar Mulia dan DPC Perasi Wates, Yuwono Riyagung berkunjung ke FH UCY, Kamis (12/11/2020).

Dekan FH UCY Mohammad Nasir DJ Daimaroto menyambut program tersebut dan berharap segera dapat direalisasikan. Namun kerjasama itu tetap harus disusun matang serta mempunyai kekhususan yang berbeda dibandingkan pelaksanaan PKPA lainnya.

“Sebagai wujud kongkritnya dapat diawali dari PKPA dilanjutkan Ujian Profesi Advokat (UPA), pada akhir 2020 atau awal tahun 2021,” katanya.

Penanggung jawab laboratorium FH UCY Andrie Irawan menambahkan, kerjasama FH UCY dengan Peradi ini bukan yang pertama kali, sebelumnya dalam rangka memberikan gambaran profesi hukum kepada mahasiswa juga telah dilaksanakan kegiatan bersama dalam seminar daring. Sinergisitas antara organisasi advokat dengan FH juga tidak hanya sebatas pelaksanaan PKPA dan UPA, namun kegiatan peningkatan kemahiran bagi mahasiswa hukum.

“Ini juga mendukung kebijakan fakultas dalam menerbitkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa karena telah mendapatkan pelatihan kemahiran hukum dari organisasi profesi,” kata dosen FH UCY itu.

Selain itu FH UCY dan Peradi juga akan membentuk tim teknis untuk pelaksanaan PKPA sekaligus UPA dan yang akan menjadi nilai plus dalam kegiatan PKPA bersama nanti. Ada materi-materi khusus dan jaminan bagi beberapa peserta mengikuti PKPA dan UPA guna mendapatkan tempat magang yang akan ditawarkan oleh tim pelaksana kegiatan ini.

“Adapun kegiatan PKPA kerjasama FH UCY dan Peradi akan menghadirkan para narasumber praktisi dan juga praktisi sekaligus akademisi yang sudah berpengalaman pada bidang hukum yang spesifik dan kekinian tentunya,” jelasnya.

Perwakilan DPC Peradi Bantul, Fajar Mulia mengatakan, Peradi setuju jika kerjasama tidak hanya sebatas PKPA, namun ada keberlanjutan dari pelaksanaan PKPA. Seperti pelatihan-pelatihan yang bersifat praktik langsung dengan didampingi oleh para praktisi hukum yang sudah berpengalaman di dunia advokat. Sehingga dengan kegiatan itu akan memberikan nilai tambah kepada mahasiswa FH UCY.

Editor : Ainun Najib