Festival Pesona Lokal di Yogyakarta Promosikan Rasa Cinta terhadap Budaya Lokal

Kuntadi ยท Sabtu, 19 Oktober 2019 - 21:26 WIB
Festival Pesona Lokal di Yogyakarta Promosikan Rasa Cinta terhadap Budaya Lokal
Para peserta karnaval budaya dalam Festival Pesonal Lokal mendapat sambutan meriah dari masyarakat Yogyakarta, DIY, Sabtu (19/10/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.idAdira Finance bekerja sama dengan RCTI dan Kementerian Pariwisata menggelar Festival Pesona Lokal di Alun-alun Utara, Yogyakarta, Sabtu (19/10/2019). Berbagai ragam budaya dan kearifan lokal baik dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) maupun Jawa Tengah (Jateng), ditampilkan dalam event ini.

“Ini tahun ketiga kami gelar dan tahun ini salah satunya dilaksanakan di Yogyakarta,” kata Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, di sela pembukaan Festival Pesona Lokal.

Hafid mengatakan, kegiatan ini mengusung tema Rasakan Sensasi Lokal. Tujuannya untuk menumbuhkan dan mempromosikan rasa cinta terhadap budaya lokal sehingga bisa diangkat menjadi potensi wisata unggulan.

 

BACA JUGA:

Buka Festival Pesona Lokal Adira Finance, Ini Pesan Wagub Jatim Emil Dardak

Ribuan Warga Medan Antusias Hadiri Festival Pesona Lokal di Lapangan Merdeka

 

Karnaval budaya yang digelar dalam Festival Pesonal Lokal diikuti lebih dari 700 peserta yang menampilkan potensi daerah. Tidak hanya pakaian adat, para peserta menampilkan musik tradisional hingga pertunjukan khas daerah.

Karnaval budaya yang ditampilkan sejumlah cabang Adira menjadi daya tarik bagi pengunjung. Selain parade karnaval budaya, festival ini juga dimeriahkan dengan lomba tari kontemporer, lomba desain motif khas, lomba melukis topeng kayu, dan pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Ada puluhan booth dari UMKM yang memajang produk mereka dalam Festival Pesonal Lokal ini, di samping produk kuliner,” katanya.

Para peserta karnaval budaya dalam Festival Pesonal Lokal di Yogyakarta, DIY, Sabtu (19/10/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

 

Kepala Wilayah Area Jateng Adira Finance, Irfan Budianto mengatakan, Festival Pesona Lokal menjadi ajang berkumpulnya masyarakat. Tidak hanya dari keluarga besar Adira, masyarakat Yogyakarta dan wisatawan juga tampak memenuh lokasi festival.

Para pengunjung disuguhi dengan berbagai atraksi budaya yang menarik dari DIY dan Jateng. Pengunjung juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang disediakan sejumlah stan kuliner. “Ada juga area test drive bagi masyarakat yang ingin menjajal motor,” katanya.

Selama Festival Pesona Lokal, penyelenggara juga menyediakan berbagai hadiah. Bagi peserta karnaval budaya, disediakan hadiah utama untuk tiga pemenang dengan total hadiah Rp40 juta. Sementara bagi juara utama lomba tari kontemporer berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp5 juta dan juara favorit sebesar Rp2 juta.

Para peserta karnaval budaya dalam Festival Pesonal Lokal di Yogyakarta, DIY, Sabtu (19/10/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

 

Untuk lomba desain khas lokal kontemporer, panitia menyediakan hadiah untuk tiga pemenang dengan total hadiah sebesar Rp6 juta. Begitu juga untu kompetisi selebgram, ada hadiah yang disediakan bagi para pemenang.

Festival Pesona Lokal yang menyuguhkan berbagai ragam budaya dan kearifan lokal serta banyak hadiah ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat dan wisatawan. Acara ini pun diharapkan bisa terus digelar sehingga menarik kunjungan wisatawan untuk berkunjung.

“Semoga ini menjadi acara tahun ikonik yang mampu menambah daya tarik wisatawan,” kata Irfan.


Editor : Maria Christina