Gelar Diskusi Perpajakan, Keluarga Alumni SMAN 1 Yogyakarta Dukung Kepatuhan Wajib Pajak

Kuntadi · Jumat, 04 November 2022 - 13:20:00 WIB
 Gelar Diskusi Perpajakan, Keluarga Alumni SMAN 1 Yogyakarta Dukung Kepatuhan Wajib Pajak
Panitia Lustrum SMAN 1 Yogyakarta memberikan keterangan kaitan agenda Lustrum XIII. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Keluarga Alumni Teladan Yogyakarta (KATY) akan menggelar diskusi Teladan-Talk (T-Talk) Perpajakan dengan tema Pemanfaatan Data Perpajakan dalam Mewujudkan Kepatuhan Sukarela Wajib Pajak. Diskusi ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Lustrum XIII SMAN 1 Yogyakarta yang akan dilaksanakan pada Sabtu (5/11/2022) di Prime Plaza Hotel Yogyakarta. 

Diskusi ini akan menghadirkan nara sumber Plt Kepala Kanwil DJP DIY Slamet Sutantyo, Guru Besar Tetap Perpajakan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia Prof Gunadi dan Konsultan Pajak DBW Tax Consulting, Didik Budi Waluyo. Diskusi ini akan dibuka oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Pakualam X, sekaligus Ketua Umum KATY. 

“Diskusi ini merupakan salah satu wujud kepedulian alumni SMAN 1 Teladan Yogyakarta dalam menyikapi pentingnya penerimaan pajak sebagai sumber utama pendapatan negara,” kata Humas Lustrum XXIII SMAN 1 Yogyakarta, Sidik Pramono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/11/2022). 

Menurut dia, penerimaan pajak dalam pendapatan negara dari tahun ke tahun semakin besar. Target penerimaan pajak dalam APBN 2023 meningkat dari 2022 yang hanya Rp1,256 triliun atau 68,03 persen pendapatan dalam negeri menjadi Rp1,718 triliun atau 69,75 persen dari rencana pendapatan dalam negeri Rp2,463 triliun. 

“Meskipun pencapaian target penerimaan pajak menjadi tugas pemerintah, kami alumni SMA Teladan menyadari bahwa untuk mendukung tercapainya penerimaan pajak yang optimal juga membutuhkan dukungan sinergis dari para wajib pajak,” katanya. 

Para alumni yang merupakan wajib pajak ingin mendukung kebijakan tersebut, terutama untuk mewujudkan kepatuhan sukarela wajib pajak. Melalui diskusi ini diharapkan dapat menjadi sarana sosialisasi kebijakan tentang data perpajakan, khususnya pemanfaatannya dalam fungsi pengawasan dan pemeriksaan.

“Diskusi ini juga akan menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dari pembuat kebijakan serta menyampaikan permasalahan, solusi atas kebijakan DJP dan pelaksanaannya,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: