Hidup Sebatang Kara, Nenek Miskin di Bantul Akhirnya Punya Rumah Layak Huni

Trisno Purwoko ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 10:45 WIB
Hidup Sebatang Kara, Nenek Miskin di Bantul Akhirnya Punya Rumah Layak Huni
Pembangunan rumah untuk nenek Darmo Welas, di Bantul (Foto: iNews/Trisna Purwoko)

BANTUL, iNews.id - Seorang janda sebatang kara (99) warga Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sudah cukup lama hidup dalam gubug bambu sempit. Diusianya yang renta, dia hanya mengandalkan pemberian makan minum dari tetangga dan warga sekitar.

Dari pantauan iNews, rumah nenek bernama Darmo Welas yang tinggal di Dusun Pangkah, Kelurahan Sumberagung, Kecamatan Jetis, Bantul tak layak huni. Jangankan kasur, rumah bambunya itu pun tak dilengkapi pintu.

Kondisi nenek yang memprihatinkan ini membuat Komandan Kodim Bantul dan pemerintah desa membuatkan rumah sederhana agar sang nenek dapat hidup lebih layak. Pembangunan rumah ini merupakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler ke-108 Kodim 0729 Bantul.

"Yang bersangkutan itu janda, tidak memiliki sanak saudara, anak atau lainnya. Kondisinya sangat memprihatikan sekali. Semoga bu Darmo Welas nantinya bisa hidup lebih layak lagi," ujar Komandan Kodim-729 Bantul, Letkol Kav Didi Carsidi, Selasa (7/7/2020).

Pembangunan rumah bagi nenek Darmo Welas yang berukuran 6x4 meter ini menjadi prioritas dalam program bedah rumah pada TMMD reguler ke 108 kodim 0729 Bantul. Tahun 2020 ini ditargetkan program TMMD bisa membedah dan membangun empat rumah tidak layak huni.

Warga sekitar dan tetangga memberikan apresiasi kepada TNI dan polri dengan adanya rumah baru yang dilengkapi sarana kamar mandi untuk nenek Darmo. Diharapkan nenek Darmo Welas dapat menghabiskan usia tuanya dengan hidup lebih layak.

"Inikan ada tempat kamar mandinya, jadi semoga lebih baik juga biar warga yang ingin membantu nenek Darmo saat memandikan," ucap tetangga Supriyati.


Editor : Nani Suherni