Hilangkan Kebosanan Sekolah Online, Siswa SD di Bantul Diajak Belajar di Sawah

Kuntadi · Senin, 03 Agustus 2020 - 18:00 WIB
 Hilangkan Kebosanan Sekolah Online, Siswa SD di Bantul Diajak Belajar di Sawah
SDN 3 Panggang di Bantul mengajak anak belajar di sawah untuk usir kebosanan belajar daring. (Foto: INews.id/kuntadi)

BANTUL, iNews.id – Siswa kelas V SDN 3 Panggang, Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, DIY mengikuti pembelajaran luar kelas dengan menanam sayur di lahan persawahan. Cara ini dilakukan agar mereka tidak bosan dengan pendidikan secara daring.

Wali Kelas V SDN 3 Panggang, Ardian Herda Permana mengatakan, ada 25 anak yang diajak mengikuti kegiatan diluar rumah. Mereka diajak bermain dan menanam tanaman menggunakan media polybag.

“Belajar menanam seperti ini biar mereka tidak bosan,” kata Ardian, Senin (3/8/2020).

pembelajaran lapangan ini memanfaatkan lahan pertanian Surya Tani milik Suryanto (40). Dari 25 anak, mereka dibagi ke dalam lima kelompok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menggunakan masker dan jaga jarak.

Pelajaran ini juga menggandeng petani lokal sebagai mentor. Para siswa diajak mengisi polybag, mengukur tingkat kesuburan sampai dengan menyiram dan menanam benih. Nantinya mereka akan diberikan lima polybag untuk dibawa pulang dan dirawat.

“Para siswa ini nantinya harus membuat laporan terhadap kondisi tanaman mereka,” katanya.

Adanya aktivitas rutin ini, diharapkan memberikan kesibukan kepada para siswa. Selama ini anak-anak usai belajar online akan bermain menggunakan gadgetnya.

“Jadi anak-anak kita ajak belajar teori dan praktik, sesuai kurikulum,” katanya.

Sementara itu, Suryanto mengatakan para siswa akan mendapatkan lima jenis tanaman mulai dari sawi, kangkung, tomat, cabai, dan seledri. Pemilihan jenis tanaman itu dianggap karena masih lebih mudah untuk dirawat oleh anak-anak SD.

“Semoga anak-anak bisa lebih mencintai dunia pertanian,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi