Hiu Paus Mati Sepanjang 5 Meter Terdampar di Pantai Congot Kulonprogo

Kuntadi ยท Sabtu, 19 September 2020 - 13:51:00 WIB
Hiu Paus Mati Sepanjang 5 Meter Terdampar di Pantai Congot Kulonprogo
Seekor hiu paus mati terdampat di Pantai Congot menjadi tontonan warga. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Seekor hiu paus (rinchodon typus) terdampar di Pantai Congot, Kulonprogo, Sabtu (19/9/2020) pagi. Hiu paus sepanjang 5,9 meter itu ditemukan dalam keadaan mati.

Penemuan hiu paus tersebut dilaporkan warga sekitar pukul 06.00 WIB. Hiu paus itu kemudian dikubur di pantai.

“Saat itu kondisi ikan sudah mati, tetapi masih segar ikannya,” kata anggota SARlinmas Korwil V Kabupaten Kulonprogo Suryono, Sabtu (19/9/2020).

Menurutnya, hiu paus yang dikenal dengan nama Naga Lintang itu terdampar di sekitar muara Sungai Bogowonto. Selanjutnya ikan berukuran besar itu diikat dengan tali dan ditambatkan pada bangunan pemecah gelombang, agar tidak terbawa ombak.

Menjelang siang, hiu paus ini ditarik menjauh dari bibir pantai oleh warga bersama petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), TNI dan Polri.

Hiu Paus tersebut memiliki panjang mencapai 5,9 meter dengan lebar mulut 170 centimeter. Bobot hiu paus diperkirakan mencapai lebih dari 1 ton. Untuk mengevakuasi ikan ini, petugas menarik menggunakan kawat sling yang diikat pada mobil.

Menurut Kabid Kelautan Pesisir dan Pengawasan, Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Juarti, hiu paus ini usianya masih relatif muda. Untuk dewasa panjangnya bisa mencapai 20 meter dan banyak hidup di laut lepas seperti Samudera Hindia.

Dia menduga, ikan ini mati dan terbawa ke tepi karena faktor alam. Beberapa hari belakangan, kondisi gelombang cukup besar. Kemungkinan ikan ini terbawa ke tepi dan terpisah dari habitatnya hingga akhirnya tidak bisa kembali ke tengah.

“Ini termasuk biota laut yang dilindungi, karena jumlahnya sangat terbatas. Ini nanti akan kita kuburkan,” katanya.

Kabar adanya ikan raksasa terdampar ini pun menjadi daya tarik bagi wisatawan. Ratusan pengunjung berdatangan ke Pantai Congot untuk menyaksikan dan mengabadikan dengan ponsel mereka.

“Ukurannya cukup besar, jarang saya lihat ikan sebesar ini,” kata Rianti, salah seorang warga.


Editor : Kuntadi Kuntadi