Ibu Hamil di Yogyakarta Wajib Rapid Test Sebelum Persalinan

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 08:42 WIB
Ibu Hamil di Yogyakarta Wajib Rapid Test Sebelum Persalinan
Ilustrasi (Foto: AFP)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Kota Yogyakarta mewajibkan ibu hamil yang akan menjalani persalinan mengikuti rapid test Covid-19. Hal ini agar penanganan persalinan disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien.

“Ada beberapa kategori untuk ibu hamil yang akan menjalani persalinan. Tindakannya pun disesuaikan dengan kondisi kesehatan terkini ibu hamil tersebut,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Tri Mardaya di Yogyakarta, Selasa (23/6/2020).

Jika ibu hamil tersebut dalam kondisi kandungan sehat serta hasil rapid test menunjukkan nonreaktif, maka bisa melahirkan di puskesmas yang melayani persalinan dan rawat inap. Di Kota Yogyakarta setidaknya ada dua puskesmas yang melayani persalinan yaitu Puskesmas Tegalrejo dan Puskesmas Jetis.

Namun jika ibu hamil tersebut memiliki komorbid dan kondisi penyulit lainnya serta hasil rapid test nonreaktif, maka akan dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani persalinan. Sementara ibu hamil yang hasil rapid testnya reaktif maka dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19.

“Jika ibu hamil tersebut memiliki hasil tes cepat reaktif, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Yogyakarta yaitu RS Pratama dan RS Jogja,” ujarnya.

Tri menyebutkan masyarakat bisa memanfaatkan layanan persalinan yang dibiayai oleh BPJS Kesehatan.
Dia berharap ibu hamil yang akan menjalani persalinan tetap mengikuti protokol kesehatan supaya terhindar dari potensi penularan Covid-19.

“Tes cepat juga sudah masuk di dalam paket persalinan,” katanya.

Sementara itu, Direktur RS Jogja Ariyudi Yunita mengatakan sempat melayani persalinan pasien dalam pengawasan (PDP). Sejak masa pandemi Covid-19, RS Jogja tercatat melayani 32 persalinan pada Maret, 51 persalinan pada April, dan 26 persalinan pada Mei.

“Untuk Juni belum direkap semua karena belum selesai bulannya,” katanya.


Editor : Nani Suherni