Ikan Hias Banyak Diburu untuk Usir Kejenuhan Selama Pandemi Covid-19

Heru Trijoko ยท Minggu, 07 Juni 2020 - 18:30:00 WIB
Ikan Hias Banyak Diburu untuk Usir Kejenuhan Selama Pandemi Covid-19
ilustrasi ikan hias

YOGYAKARTA, iNews.id – Penjualan ikan hias, aquarium dan perlengkapannya meningkat tajam selama pandemi Covid-19. Banyak pembeli memelihara ikan, untuk mengusir kebosanan selama stay at home.

“Alhamdullilah, betul-betul meningkat tajam penjualan ikan hias,” ujar, Shinta salah seorang pedagang ikan hias di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasty), Minggu (7/6/2020).

Untuk pemula yang hobi memelihara ikan, akan membeli satu set lengkap. Mulai dari aquarium, lampu penerang, hingga filter dan juga ikan dan pelengkapannya. Namun tidak sedikit yang hanya mencari ikan, dan media pendukung.

“Pokoknya sejak ada lockdown, ramai sekali sampai sekarang,” ujarnya.

Para pedagang tetap menerapkan harga jual yang wajar. Peningkatan jumlah pengunjung tidak diikuti dengan langkah menaikkan harga jual. Harga ikan tetap sesuai standar yang ada.

“Semuanya laku, dari ikan cupang, koki, moli. Pokoknya semua jenis ikan hias laku harga tergantung jenis ikannya,” ujarnya.

Meski begitu pengelola pasar dan pedagang tetap menerapkan protokol kesehatan. Semua pengunjung wajib menggunakan masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Mereka juga membatasi jarak dengan pembeli.

“Mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir, dan penjualan ramai seperti ini,” katanya.

Memelihara ikan, menjadi hobi dan hiburan baru. Keputusan pemerintah untuk tetap berada di rumah dan menghindari pergi bepergian menjadikan orang jenuh. Mereka ini butuh hiburan sehingga banyak yang memelihara ikan.

“Kebetulan libur dan anak minta ikan. Ini saya beli ikan Koki karena bentuknya lucu,” ujar Wawan, salah seorang pengunjung.

Editor : Kuntadi Kuntadi