Ini 10 Tuntutan Forum BEM yang Demo di DPRD DIY

Kuntadi ยท Senin, 30 September 2019 - 19:25 WIB
Ini 10 Tuntutan Forum BEM yang Demo di DPRD DIY
Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY saat berdemonstrasi di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Yogyakarta yang tergabung dalam Forum Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) DIY berdemonstrasi di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta, Senin (30/9/2019).

Mereka menuntut penuntasan agenda reformasi. Ada 10 tuntutan yang disampaikan para mahasiswa.

Berikut 10 tuntutan demonstran:

1. Mendesak kepada presiden dan juga DPR untuk segera mencabut revisi undang-undang KPK dengan menerbitkan Perpu dan mencabut undang-undang KPK dan disetujui oleh DPR. 

2. Menuntut pemerintah untuk bertindak tegas terhadap mafia kasus kebakaran hutan dan lahan serta mencabut hak guna usaha perusahaan yang terbukti melakukan pengrusakan lingkungan. 

3. Mendesak Pemerintah untuk menangani kebakaran hutan Kalimantan dan Sumatera dengan pemulihan keadaan ekonomi dan sosial serta lebih serius dalam menanggapi berbagai kerusakan lingkungan.

4. Mahasiswa menuntut pemerintah untuk merevisi pasal-pasal dalam KUHP dan melakukan kajian serta libatkan partisipasi publik kembali dalam penyusunan draf secara komprehensif sebelum melakukan pembahasan di DPR. 

5. Meminta untuk pemerintah mendisiplinkan aparat negara dalam berhadapan dengan rakyat untuk menjamin kebebasan berpendapat demi iklim demokrasi yang sehat.

BACA JUGA: Mahasiswa Geruduk DPRD DIY Tuntut Penuntasan Reformasi

6. Menolak RUU Pertanahan yang berpotensi mempengaruhi ketimpangan kepemilikan tanah dan segera selesaikan konflik agraria serta laksanakan reformasi agraria sejati. 

7. Menolak pasal-pasal bermasalah dalam RUU Ketenagakerjaan yang tidak berpihak pada pekerja. 

8. Meminta pemerintah untuk segera mengadili para penjahat HAM dan tuntaskan kasus pelanggaran HAM.

9. Meminta aparat kepolisian untuk tidak melakukan tindakan Represif dan kriminal gerakan masyarakat.

10. Kapolri harus memberikan hukuman kepada oknum yang terbukti melakukan kekerasan dan membunuh massa rakyat pada aksi demonstrasi.

BACA JUGA: Aliansi Rakyat Bergerak Tepis Tudingan #AksiGejayanMemanggil Jilid 2 Ditumpangi

Usai menggelar aksi, para mahasiswa akhirnya membubarkan diri dengan tertib. Mereka kembali menuju ke titik awal di Tempat Parkir Abubakar Ali di sisi utara Jalan Malioboro.


Editor : Kastolani Marzuki