Jelang Operasional Bandara NYIA, Pemkab Kulonprogo Latih Ratusan Warga

Kuntadi ยท Senin, 01 April 2019 - 11:17:00 WIB
Jelang Operasional Bandara NYIA, Pemkab Kulonprogo Latih Ratusan Warga
Wakil Bupati Sutedjo melihat proses pelatihan untuk penyiapan tenaga kerja di UPT BLK Disnakertrans Kulonprogo, Senin (1/4/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Sedikitnya 208 peserta mengikuti serangkaian pelatihan siap kerja yang diselenggarakan gratis oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. Kegiatan ini untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil dan siap kerja menyambut operasional bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta Internatiinal Airport/NYIA).

"Pelatihan ini merupakan salah satu upaya kami menyiapkan SDM yang unggul dan bertanggung jawab," ujar Wakil Bupati (wabup) Kulonprogo Sutedjo saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tahun anggaran 2019 di UPT BLK Disnakertrans Kulonprogo, Senin (1/4/2019).

Dia menjelaskan, penyiapan tenaga kerja ini merupakan salah satu upaya untuk menangkap peluang yang ada. Tujuannya agar warga Kulonprogo bisa terlibat aktif dan tidak menjadi penonton. Namun, mereka mampu bersaing dalam pekerjaan yang ada. Apalagi dalam pelatihan ini juga akan dilakukan ujian kompetensi sebagai dasar dan bukti keahlian yang dimiliki.

Diketahui, dalam perkembangan global, kompetensi pekerjaan sangat diperlukan dalam persaingan dunia usaha. Ibarat kendaraan, surat kompetensi akan mirip dengan SIM yang menjadi bukti keahlian yang dimiliki pencari kerja.

Pelatihan ini sebenarnya bukanlah kali pertama yang dilaksanakan. Namun sudah beberapa tahun digelar pelatihan serupa dalam berbagai bidang. Bahkan sebagian lulusan sudah mampu bekerja dan membuka lapangan usaha.

"Pemkab Kukonprogo terus menyiapkan produktivitas tenaga kerja dan melakukan perluasan serta kesempatan kerja bagi warganya," tuturnya.


Editor : Donald Karouw