Jet Tempur Rusia Latihan Membom Kapal Musuh di Laut Hitam

Ahmad Islamy Jamil · Sabtu, 03 Juli 2021 - 22:02:00 WIB
 Jet Tempur Rusia Latihan Membom Kapal Musuh di Laut Hitam
Pesawat tempur multiguna Sukhoi Su-30SM milik Rusia. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id – Militer Rusia berlatih membom kapal musuh di Laut Hitam, Sabtu (3/7/2021). Latihan yang dilakukan jet tempur dan pesawat pembom ini berlangsung di tengah ketegangan Moskow dengan Barat atas latihan militer NATO di kawasan tersebut, baru-baru ini.

Rusia pada pekan lalu menentang keras kapal perang Inggris, HMS Defender, melewati perairan dekat Krimea—wilayah yang dicaplok Rusia dari Ukraina pada 2014. Namun, Inggris menganggap kapal perangnya berhak melalui kawasan perairan itu.

Rusia menilai HMS Defender secara ilegal memasuki perairan teritorialnya dan menuduh Inggris melakukan provokasi di Laut Hitam. Menurut Moskow, pihaknya bisa saja mengebom kapal Angkatan Laut Inggris jika ada lebih banyak tindakan provokasi semacam itu oleh London di lepas pantai Krimea.

Pada Sabtu ini, Armada Laut Hitam Rusia menyatakan, sejumlah pesawat tempur dari unit penerbangannya dan dari distrik militer selatan negara itu telah mengambil bagian dalam latihan perang.

“Awak pesawat melakukan penerbangan latihan di atas Laut Hitam, berlatih serangan rudal dan pemboman terhadap kapal musuh yang disimulasikan,” ungkap Armada Laut Hitam Rusia, seperti dikutip kantor berita RIA.

Latihan tersebut antara lain melibatkan pesawat tempur multiguna Sukhoi Su-30SM, pesawat pengebom Sukhoi Su-24M, pesawat tempur pengebom Sukhoi Su-34, dan jet tempur Sukhoi Su-27, kata laporan itu.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2