get app
inews
Aa Text
Read Next : Polisi Gelar Olah TKP Kecelakaan Maut Mahasiswa UNNES usai Demo

Jogja Pasar Potensial Produk Outdoor, Banyak Pelajar dan Mahasiswa

Jumat, 01 Desember 2023 - 12:38:00 WIB
Jogja Pasar Potensial Produk Outdoor, Banyak Pelajar dan Mahasiswa
Sejumlah pengunjung pameran produk outdoor dan mebel di Jogja Expo Center, Jumat (1/12/2023). (foto: iNews.id/Erfan Erlin)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kota Yogyakarta menjadi pasar potensial produk outdoor lokal maupun impor. Hal ini tidak lepas banyaknya pelajar dan mahasiswa yang suka dengan pernak-pernik produk outdoor.  

“Jogja sebagai Pelajar ini memang selalu dilirik produk-produk peralatan outdoor. Ada 140 Organisasi Pecinta Alam baik Sispala (Siswa Pencinta Alam), Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam) dan Komunitas yang ada di Jogja. Ini sangat potensial bagi kami," kata Perwakilan Paguyuban Peralatan Outdoor, Singgih Ainin, Jumat (1/12/2023).   

Menurutnya, banyak produsen lokal yang berkembang di wilayah ini. Tak hanya itu, produsen asal Jakarta, Bandung ataupun kota lain yang juga mendirikan gerai di wilayah ini. Mereka sama-sama merasakan DIY menjadi penyumbang penjualan yang cukup tinggi. 

Selain mahasiswa, banyak keluarga muda yang suka dengan petualangan di alam. Family Adventure Community menjadi daya tarik tersendiri.

Pangsa pasar yang cukup terbuka mendorong pelaku usaha outdoor menggelar pameran produk-produk peralatan Outdoor di Jogja Expo Center (JEC) mulai 30 November sampai 3 Desember mendatang. Pameran ini baru pertama kali digelar setelah 8 tahun  vakum. 

"8 tahun lalu terakhir kami selenggarakan di GOR UNY. Dan kami berkeinginan akan kami lakukan setahun sekali setiap bulan Juli. Dan kebetulan sekarang kita berkolaborasi dengan Asmindo untuk menggelar bersamaan dengan pameran furniture,”ujarnya.

Penasehat Kadin DIY, Tasbir Andullah mengatakan, pasar domestik atau lokal memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Di tengah kondisi ekonomi global yang tengah melemah, pasar domestik menjadi alternatif untuk menjaga roda perekonomian. 

"Ini merupakan strategi sebagai pelaku dan UMKM membidik pasar-pasar lokal karena mendapat porsi yang baik di tengah ekonomi global yang tidak kunjung membaik," katanya. 

Kolaborasi antara para produsen peralatan outdoor dengan produk-produk mebel dan kerajinan dalam sebuah event memang patut dicoba. Ada dua sisi yang bisa berbeda namun memiliki garis merah yang sama dengan menghadirkan tren-tren terbaru di bidangnya masing-masing. 

Editor: Kuntadi Kuntadi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut