Jokowi Sebut Bandara YIA Tahan Gempa 8,8 SR hingga Tsunami 12 Meter

Kuntadi, Fahreze Rizky ยท Jumat, 28 Agustus 2020 - 11:50:00 WIB
Jokowi Sebut Bandara YIA Tahan Gempa 8,8 SR hingga Tsunami 12 Meter
Suasana penumpang di Bandara Yogyakarta Internasional Airport, Minggu (29/3/2020) (Foto iNews.id : Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id - Bandara International Yogyakarta di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) disebut mampu menahan guncangan gempa hingga 8,8 skala richter (SR) hingga gelombang tsunami setinggi 12 meter. Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo saat meresmikan YIA.

"Bandara baru ini didesain memiliki daya tahan terhadap gempa sampai hingga 8,8 skala richter. Tadi kepala BMKG menyampaikan kepada saya Bu Dwi, juga bisa menahan gelombang tsunami hingga ketinggian 12 meter. Insyallah ini sudah dirancang untuk ke sana semuanya," ucap Jokowi.

Jokowi menuturkan, YIA selesai dibangun 100 persen dalam waktu 20 bulan. Dengan panjang runway 3.250 meter pembangunan ini terbilang cepat. Luasnya area YIA diprediksi mampu menampung 20 juta penumpang.

"Di sini bisa 20 juta penumpang. Ini tugas kita bersama bagaimana bisa mendatangkan 20 juta itu. Bukan tugas yang ringan," ucap Jokowi

Pembangunan bandara ini setidaknya menghabiskan anggaran Rp11,3 triliun. Sebanyak Rp4,2 triliun untuk pembebasan lahan dan sisanya Rp7,1 triliun untuk konstruksinya. Jokowi pun secara khusus memuji YIA sebagai bandara terbaik Indonesia saat ini.

"Menurut saya ini terbaik saat ini di Indonesia. Enggal tahu nanti ada bandara baru lebih baik lagi, gatau," katanya.

Editor : Nani Suherni