KAI Gelar Pengobatan Gratis Dalam Kereta bagi Warga Stasiun Sentolo

Kuntadi ยท Selasa, 23 April 2019 - 14:56:00 WIB
KAI Gelar Pengobatan Gratis Dalam Kereta bagi Warga Stasiun Sentolo
Seorang siswa warga Sentolo saat mendapat pelayanan pemeriksaan gratis yang digelar PT KAI Daop 6 Yogyakarta. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Sentolo, Kabupaten Kulonprogo, DIY, Selasa (23/4/2019). Uniknya, kegiatan ini dilangsungkan dalam kereta api kesehatan atau lebih dikenal dengan sebutan Rail Clinic generasi keempat.

"Target kami dapat menjangkau 400 masyarakat untuk memberi layanan kesehatan gratis. Kami juga bagikan 50 kacamata gratis bagi siswa SDN 2 Sentolo dan SDN 3 Sentolo," ujar Manager Kesehatan PT KAI Daops VI Yogyakarta Cristoffel Maranto.

Pantauan iNews.id, dua gerbong dimanfaatkan untuk layanan kesehatan dan dua gerbong lainnya sebagai perpustakaan (rail library). Fasilitas layanan kesehatan yang disediakan cukup komplit. Mulai dari pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, mata, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.


Sementara di dalam Rail Library, terdapat perpustakaan manual dengan beragam buku bacaan anak sampai umum. Selain itu, tersedia pula fasilitas e-library yang dilengkapi enam unit monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif, serta lagu anak-anak.

"Kami siagakan 16 tim kesehatan, baik dokter maupun paramedis lainnya," kata Christoffel.

Manager Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto menjelaskan, kegiatan pelayanan kesehatan kali ini bekerja sama dengan pemerintah setempat. Seluruh tim kesehatan yang berasal dari internal pegawai PT KAI disiapkan untuk melayani masyarakat. Di mana kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini sudah menjadi program rutin PT KAI.

"Ini merupakan bagian dari program CSR dalam rangkaian HUT BUMN. Di mana sebagai salah satu bentuk kepedulian KAI kepada masyarakat di sekitar jalur kereta," tuturnya.

Eko berharap layanan Rail Clinic ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan minat baca masyarakat sekitar stasiun. Selain itu menjadikan masyarakat semakin peduli terhadap keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api.

Camat Sentolo Widodo menyambut baik dengan adanya kegiatan pengobatan gratis yang dilaksanakan PT KAI. Dia berharap kegiatan bisa bisa berlanjut agar ada interaksi masyarakat dengan perseroan.

"Warga ingin Stasiun Sentolo ikut dikembangkan seiring bandara yang akan diresmikan akhir bulan nanti," kata Camat Widodo.

Editor : Donald Karouw