Kasus Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul Tembus 102

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 28 Juli 2020 - 19:15 WIB
 Kasus Covid-19 di Kabupaten Gunungkidul Tembus 102
Ilustrasi positif Covid-19. (Foto: Istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Kasus Covid 19 di Kabupaten Gunungkidul, DIY terus mengalami peningkatan. Hari ini ada penambahan enam pasien positif, sehingga akumulasi kasus menjadi 102.

“Jumlahnya terus meningkat seiring peningkatan tes swab massal yang kami dilakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawati, Selasa (28/7/2020).

Dewi Irawati mengatakan tambahan enam kasys ini terdiri atas empat orang merupakan tenaga kesehatan dan dua anak-anak. Para tenaga kesehatan ini diketahui terinfeksi Covid-19 setelah dilakukan screening massal.

"Enam kasus ini tersebar di beberapa kecamatan,” katanya.

Dinas Kesehatan Gunungkidul, akan terus melakukan screening untuk menekan penyebaran kasus. Selain menyasar tenaga kesehatan juga bagi pedagang dan kelompok masyarakat yang rentan karena mobilitasnya cukup tinggi.

“Protokol kesehatan harus diterapkan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” katanya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Pemkab Bantul dalam Penanganan Covid-19 Sri wahyu Joko Santoso mengatakan ada penambahan empat kasus di Bantul, sehingga total ada 190 kasus. Sedangkan jumlah pasien sembuh bertambah bertambah delapan orang.

“Hari ini penambahan ada empat sedangkan pasien sembuh bertambah delapan,” katanya.

Pasien positif ini, di antaranya merupakan tenaga kesehatan. Mereka telah melakukan screening kepada tenaga kesehatan dan sejumlah dokter perawat dan tenaga kesehatan lainnya diketahui positif Covid-19.


Editor : Kuntadi Kuntadi