Kebingungan dan Tak Ada Sinyal saat Daftar PPDB, Ratusan Wali Murid Datangi Sekolah

Kismaya Wibowo ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 11:15 WIB
Kebingungan dan Tak Ada Sinyal saat Daftar PPDB, Ratusan Wali Murid Datangi Sekolah
Loket bantuan PPDB di SMKN 2 Wonosari, Gunungkidul (Foto: iNews/Kismaya Wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Gunungkidul, Yogyakarta, dikeluhkan wali murid. Mereka kebingungan dengan sistem online untuk mendapatkan akun calon siswa.

Dari pantauan iNews, ratusan orang tua dan siswa mendatangi SMKN 2 Wonosari. Mereka antre mengular di loket bantuan pendaftaran PPDB.

Beberapa kali mereka meminta petugas untuk menerangkan mekanisme PPDB online tersebut. Sebagian dari mereka kesulitan membuat akun untuk masuk ke pendaftaran.

"Saya tuh bingung buat mengaktifkan akunnya, kok kenapa enggak bisa diverifikasi," kata wali murid, Banu Vidianto.

Ada juga yang mengeluhkan sulitnya jaringan internet sehingga perlu ke sekolah mendaftar. Diketahui, beberapa wilayah di Gunungkidul memang sulit mendapat akses internet.

"Saya sulit dapat sinyal kalau di rumah. Ini daftar ke sini lancar," kata calon siswa Revalina.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Wonosari mengungkapkan PPDB tahun ini sedikit berbeda dengan sebelumnya. Semua digelar secara online karena Covid-19. Namun, karena masih baru, sekolah membuka lima loket bantuan kepada siswa yang hendak mendaftar.

"Jadi dari tanggal 22-25 Juni itu ada pengajuan akun. Meskinya itukan bisa online, mungkin karena ada yang belum jelas jadi datang ke sekolah," kata Ahmad Darmadi, Rabu (24/6/2020).

Saat ini sudah lebih dari 200 siswa yang mendatangi sekolah meminta bantuan terkait pendaftaran PPDB online. Khusus di SMKN 2 Wonosari membuka 15 kelas dengan daya tampung siswa sebanyak 540 siswa.


Editor : Nani Suherni