Kenalan dalam Penjara, 2 Residivis Gasak Motor di Sleman

Priyo Setyawan ยท Minggu, 06 Desember 2020 - 09:15:00 WIB
Kenalan dalam Penjara, 2 Residivis Gasak Motor di Sleman
Petugas Polsek Kalasan Sleman, mengankan tersangka kasus pencurian kendaraan bermotor. (foto: iNews.id/Priyo Setyawan)

SLEMAN, iNews.id – Polsek Kalasan, Sleman berhasil mengungkap kasus pencurian sepeda motor (curanmor) di sebuah garasi tempat usaha di Pedukuhan Karang, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman pada Jumat (27/11/2020). Pelaku S (38) warga Batang, Jawa Tengah.

Kapolsek Kalasan, Kompol Sumantri mengatakan, kasus pencurian ini terjadi pada Jumat (27/11/2020). Korban Agung Seria Pamungkas (21) warga warga Purworejo, Jawa Tengah ini, saat itu bekerja pada sebuah toko buah di Kalasan.

Sekitar pukul 05.00 WIB korban bermaksud melaksanakan ibadah salat subuh. Saat itu diketahui pintu garasi sudah terbuka dan motor miliknya dengan nopol AB 6972 RY sudah tidak ada.  

Korban kemudian melaporkan kasus ini ke Polsek Kalasan dan ditindaklanjuti dengan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Petugas selanjutnya menyelidiki kasus dan meminta keterangan dari sejumlah saksi. Dari situlah petugas berhasil mengidentifikasi pelaku dan dilakukan pencarian. 

“Pelaku kami amankan di Sentolo, Kamis (3/12/2020) tanpa perlawanan,” katanya, Sabtu (5/12/2020). 

Dari tangan pelaku, petugas menyita barang bukti sepeda motor milik korban yang masih dalam kondisi utuh. Selain itu juga ada sepeda motor lain dalam kondisi sudah dipreteli. 

“Kami masih meminta keterangan pelaku, karena ada satu motor dalam kondisi pretelan yang diduga hasil curian,” katanya. 

Saat ini polisi masih memburu satu pelaku lain, yang identitasnya sudah diketahui. Kedua pelaku merupakan residivis yang berkenalan di dalam penjara. Karena mendapatkan asimilasi mereka bebas, dan melakukan aksi pencurian ini. 

Tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian. Ancaman hukumannya maksimal lima tahun penjara. 

Editor : Kuntadi Kuntadi