Keren, UGM Kampus Terpopuler Nasional di Medsos Versi 4ICU 2021

JAKARTA, iNews.id - Keren, UGM menjadi kampus terpopuler di media sosial (medsos) menurut 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 pada platform facebook dan instagram. Peringkat ini menunjukkan popularitas UGM dengan jumlah like di facebook yang terbanyak
Dalam pemeringkatan tersebut UGM berada di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah like Facebook terbanyak pada Februari 2021 dengan total mencapai 446.257 likes pengguna Facebook.
Adapun jumlah rata-rata komentar per posting 3.34, jumlah rata-rata share per posting 12.68 dan jumlah rata-rata reaksi per postingan 263.14.
Melalui akun Facebook, UGM secara rutin memposting berita-berita terbaru yang diunggah di laman resmi ugm.ac.id. Konteks tersebut berupa artikel terkait acara terbaru UGM, edukasi serta ragam tips menarik.
Berikutnya, pada platform instagram UGM masuk dalam rangking tertinggi dengan follower mencapai 781.814 di akhir April 2021. Sementara itu jumlah postingan sebanyak 1.545.
Sama halnya seperti akun Facebook, pada akun Instagram UGM memposting berbagai informasi tentang kegiatan kampus, tips, edukasi, hingga live streaming untuk menginformasikan kebijakan, program, kehidupan kampus, serta informasi penting lainnya.
Sekretaris Rektor UGM Drs Gugup Kismono menyampaikan, pencapaian UGM ini merupakan apresiasi atas kinerja yang dilakukan UGM khususnya dalam pengelolaan komunikasi publik melalui media sosial facebook dan instagram.
“Peringkat ini menunjukkan popularitas UGM yang cukup baik dari jumlah like Facebook dan follower Instagram,” katanya melansir laman resmi UGM di ugm.ac.id, Kamis (20/1/2022).
Menurut Gugup pengelolaan laman dan media sosial semakin penting bagi institusi untuk pengembangan citra sekaligus bentuk adaptasi dalam melakukan komunikasi publik. Perkembangan teknologi yang berjalan sangat pesat menuntut setiap institusi termasuk perguruan tinggi untuk cepat merespon dan melakukan penyesuaian diri.
Karenanya dengan pengelolaan media sosial sebagai wahana penyampaian informasi diharapkan berbagai informasi penting bisa secara efektif menjangkau masyarakat luas terutama generasi millenial.
Kedepan UGM akan terus beradaptasi dengan melakukan berbagai penyesuaian penggunaan bauran media komunikasi. Dengan begitu informasi yang disampaikan dapat semakin menjangkau generasi muda namun tidak meninggalkan generasi sebelumnya.
“UGM akan terus bekerja keras dan melakukan perbaikan dengan melibatkan berbagai unit kerja dan mitra untuk mewujudkan pelayanan yang baik bagi pemangku kepentingan,” katanya.
Editor: Ainun Najib