Kesadaran Warga DIY Laksanakan PPKM Darurat Rendah, Satpol PP Temukan 600 Pelanggaran

Kuntadi · Rabu, 07 Juli 2021 - 19:22:00 WIB
Kesadaran Warga DIY Laksanakan PPKM Darurat Rendah, Satpol PP Temukan 600 Pelanggaran
Sejumlah kendaraan yang msuk ke DIY diminta putar balik karena tidak membawa dokumen bebas Covid-19. (Foto: doc/HUmas Polda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id – Kesadaran warga dalam melaksanakan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat masih rendah. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mencatat ada 600 pelanggaran yang ditemukan dalam 4 hari pelaksanaan.

“Kami masih menemukan 600 pelanggaran, sebanyak 396 rumah makan, kafe, restiran yang melayani makan ditempat terpaksi kami tutup,” kata Kepala Sat Pol PP DIY, Noviar Rahmat, Rabu (7/7/2021).

Satpol PP juga menyegel sembilan tempat usaha dan menemukan 213 tempat usaha esensial yang masih buka. Rata-rata pelanggaran per hari mencapai 150 kasus.  

Noviar mengaku banyak pelaku usaha berusaha mengakali petugas. Mereka mematikan lampu di bagian depan agar terkesan tutup. Padahal ketika masuk di bagian dalam aktivitasnya cukup ramai.  

“Mobilitas penduduk hanya berkurang 13-15 persen, penurunan terbesar di Gunungkidul,” katanya.

Upaya untuk menekan mobilitas penduduk akan dilakukan dengan menambah lokasi penyekatan. Selain itu juga sedang dikaji rencana pemberian kompensasi bagi pekerja terdampak. 

Sementara Kasubbid Penmas Polda DIY AKBP Verena mengatakan, polda DIY dan jajarannya sudah melakukan penyekatan di 21 titik. Salah satunya pintu masuk menuju ke DIY, yakni di Prambanan dan Tempel, Sleman dan Temon, Kulonprogo. Selain itu di ebberapa ruas jalan masuk ke kota juga dilakukan penyekatan.   

"Ada 5 titik yang dilaksanakan Polda DIY dan kami akan mempertebal dan menambah penyekatan,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: