Klaster Tarawih Muncul Di Bantul, 22 Jemaah Positif Covid-19

Priyo Setyawan ยท Senin, 03 Mei 2021 - 20:37:00 WIB
Klaster Tarawih Muncul Di Bantul, 22 Jemaah Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id - Klaster jemaah tarawih muncul di Sanggrahan, Murtigading, Sanden, Bantul. Setidaknya ada 22 jemaah di salah satu  masjid yang positif Covid-19, satu di antaranya meninggal dunia.  

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan, kasus tersebut berawal saat ada satu jamaah yang mengikuti tarawih dan tadarus di masjid. Lantara merasa badannya tidak enak dia  memeriksakan diri ke rumah sakit, Minggu (25/4/2021). Hasilnya, positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

“Karena memiliki penyakit penyerta (kormobid), pasien itu meninggal dunia,” kata Sri Wahyu Joko Santoso, Senin (3/5/2021).

Atas temuan itu, dilakukan tracing kepada warga yang melakukan kontak erat dan ada satu yang positif. Dinas kemudian melakukan tracing kepada 23 jemaah tarawih yang kontak erat, hasilnya 21 orang positif Covid-19. Mereka yang dinyatakan positif wajib menjalani isolasi mandiri.
 
“Untuk mencegah penularan, Satgas Covid-19 tingkat kalurahan melakukan pembatasai kegiatan warga sekitar,” ujarnya. 

Sri Wahyu mengimbau warga tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes). Terjadinya penularan ini karena warga abai terhadap  prokes.  

“Warga harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya. 

Editor : Kuntadi Kuntadi