Komposisi Pimpinan DPRD Kulonprogo Tak Berubah, Ketua Dewan Dijabat PDIP

Kuntadi ยท Selasa, 01 Oktober 2019 - 22:00:00 WIB
Komposisi Pimpinan DPRD Kulonprogo Tak Berubah, Ketua Dewan Dijabat PDIP
Tiga pimpinan DPRD Kulonprogo diambil sumpah dan janjinya dalam rapat paripurna. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Komposisi pimpinan DPRD Kulonprogo periode 2019-2024 tidak berubah. Posisi itu kembali dipegang tiga pimpinan periode 2014-2019.

Posisi Ketua DPRD kembali dijabat Akhid Nuryati dari PDIP, Wakil Ketua I Ponimin (PAN), dan Wakil Ketua II Lajiyo Yok Mulyono (Gerindra).

Mereka resmi menjadi pimpinan DPRD definitif setelah diambil sumpah dan janjinya dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Kulonprogo, Selasa (1/10/2019).

Dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung DPRD Kulonprogo ini, juga dihadiri wakil Bupati Sutedjo, Forkompinda dan dari paerwakilan partai politik.

“Setelah pimpinan definitif terbentuk, kita akan segera selesaikan tatib (tata tertib) sebagai dasar pengisian alat kelengkapan,” kata Akhid.

Dengan adanya pimpinan definitif ini, akan dilanjutkan dengan pembentukan pansus. Anggotanya berasal dari tim perumus tatib yang sebelumnya sudah berjalan untuk membuat rancangan tatib.

Sehingga pansus ini tinggal menyelesaikan dari draf yang sudah disusun oleh tim. “Setelah nanti ada pansus, akan dilanjutkan dengan pembuatan alkap,” ujarnya.

Dalam periode ini, Akhid bertekad untuk mmebawa DPRD bisa lebih bereparan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Baik dalam fungsi penganggaran, pengawasam maupun legislasi.

Apalagi dalam era saat ini Kulonprogo memiliki tantangan dengan hadirnya Bandara YIA dan industri pendukung ikutannya.

“Masyarakat harus lebih sejahtera dan bisa berperan dengan hadirnya bandara dan pelabuhan,” katanya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, DPRD memiliki tantangan untuk menjalankan reformasi, khususnya dalam bidang politik. Dewan harus mampu menangkal isu yang berkembang yang menyoroti lemahnya demokrasi di Negara ini.

Sutedjo juga berharap DPRD bisa mendukung visi dan misi pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Dalam era otonomi daerah, sangat diperlukan dukungan dari DPRD dalam pengambilan kebijakan dan penagwasan.

“Semoga dengan pembentukan ini, otonomai daerah bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: