Kontak Erat dengan 4 Pasien Covid-19, 67 Warga Bantul Isolasi Mandiri

Kuntadi ยท Selasa, 07 Juli 2020 - 17:30 WIB
Kontak Erat dengan 4 Pasien Covid-19, 67 Warga Bantul Isolasi Mandiri
Ilustrasi Covid-19. (Foto: Istimewa)

BANTUL, iNews.id - ‎Sebanyak 67 warga Desa Trimurti, Kecamatan Srandakan, Bantul, DIY menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Di wilayah ini, ada empat warganya yang positif Covid-19 dan telah menjalani perawatan di rumah sakit.

“Sebanyak 67 warga ini sebelumnya melakukan kontak erat dengan pasien positif,” kata Camat Srandakan, Anton Yulianto, Selasa (7/7/2020).

Kasus ini berawal salah satu warganya laki-laki (58) jatuh dari pohon dan dilarikan ke Rumah Sakit PKU Bantul. Dari rapid test, hasilnya reaktif dan dilanjutkan dengan tes swab dengan hasil positif.

Atas temuan kasus ini, ditindaklanjuti dengan tracking terhadap orang yang melakukan kontak erat. Hasilnya ada tiga orang warga yang kembali dinyatakan positif.

“Riwayat untuk kasus pertama masih dilakukan penelusuran,” kata Anton.

Lantaran terjadi transmisi lokal, Dinas Kesehatan melakukan tracking terhadap orang yang melakukan kontak erat dengan empat orang pasien itu. Hasilnya ada 67 warga dan telah melakukan tes swab di Puskesmas Srandakan.

“Rapid test sudah, tes swab sudah, tinggal menunggu hasilnya,” katanya.

Sembari menunggu hasil, 67 warga ini wajib melakukan isolasi di rumah. Gugus Tugas tingkat pedukuhan telah berkoordinasi dengan desa sampai kecamatan maupun dengan Gugus Tugas Kabupaten Bantul dan Dinas Sosial.

“Logistiknya kan butuh biaya, tidak mungkin ditanggung desa,” katanya.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan hasil tes swab terhadap 67 pasien diperkirakan akan keluar dua hari lagi. Pemerintah tidak menyarankan melakukan lockdown hanya mereka diminta melakukan isolasi mandiri.

“Tidak ada perintah lockdown, hanya mereka disarankan melakukan isolasi mandiri di rumah,” kata Joko.


Editor : Kuntadi Kuntadi