KPU Kulonprogo Terima 15 Aduan Warga yang Namanya Dicatut Parpol

Kuntadi ยท Kamis, 22 September 2022 - 16:15:00 WIB
KPU Kulonprogo Terima 15 Aduan Warga yang Namanya Dicatut Parpol
KPU Kulonprogo rakor dengan pengurus parpol yang ada di Kulonprogo. (foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kulonprogo mencatat ada l5 warga yang namanya dicatut dalam dukungan partai politik (parpol). KPU telah memanggil parpol yang bersangkutan untuk diklarifikasi.  

”Adda 15 warga yang mengadu ke KPU karena keberatan namanya dimasukkan sebagai anggota parpol,” kata Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KPU Kulonprogo Tri Mulatsih, Kamis (22/9/2022). 

KPU sudah memanggil para pihak pengadu untuk dimintai keterangan secara komprehensif. KPU juga mengundang Partai Politik untuk dimintai keterangan tentang aduan dari masyarakat tersebut. Klarifikasi dibagi dalam empat termin, pertama dilaksanakan 1-14 September 2022. saat itu ada 9 pengadi dan parpol yang sudah diklarifikasi. 

“Beberapa parpol megaku keberatan dengan pengadu,” katanya. 

Adapun hasil klarifikasi dituangkan dalam berita acara yang hasilnya diserahkan ke parpol dan Bawaslu untuk diteruskan ke KPU RI. Berita acara ini akan menjadi pertimbangan bagi KPU dalam penetapan parpol. 

Termin kedua dilaksanakan pada 15 September-12 Oktober 2022, ketiga akan dilakukan pada 15 Oktober-9 November 2022 dan keempat pada 10 November-7 Desember 2022. 

Bagi masyarakat yang masih keberatan masih bisa mengadu ke KPU karena parpol peserta pemilu Tahun 2024 baru akan dlaksanakan pada 14 Desember 2022. warga bisa mengisi formulir yang sudah disiapkan.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: