KPU Siap Laksanakan Pilkada, Pemkab Bantul Anggarkan Rp29,2 Miliar

Kuntadi ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 18:45:00 WIB
KPU Siap Laksanakan Pilkada, Pemkab Bantul Anggarkan Rp29,2 Miliar
Ilustrasi pilkada.

BANTUL, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul siap melaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada bulan Desember mendatang. Pemkab Bantul telah menyiapkan dana sebanyak Rp29,2 miliar.

“Secara umum semua pihak sepakat untuk menyukseskan pilkada,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Hamharis, dalam diskusi virtual, Rabu (10/6/2020).
Pemkab Bantul akan mengalokasikan anggaran pelaksanaan pilkada sebesar Rp21,3 miliar untuk KPU Bantul dan sebesar Rp6,5 miliar untuk Bawaslu. Selain itu, ada juga untuk dukungan pengamanan yang dialokasikan melalui Satpol PP sebesar Rp1,3 miliar.

Penundaan pelaksanaan dilakukan dengan mendasarkan Perpu Nomor 2/2020 yang telah ditandatangani Presiden Jokowi. Sedianya pilkada Bantul akan dilaksanakan pada 29 September 2020 mendatang. Namun pandemi Covid-19 membuat pelaksanaan ditunda, dan akan dilaksanakan pada bulan Desember 2020.

“KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pilkada harus didukung untuk mewujudkan penyelenggaraan yang berkualitas serta memiliki tingkat partisipasi yang tinggi,” katanya.

Pilkada merupakan proses demokrasi untuk memilih pemimpin yang akan menjalankan pemerintahan lima tahun kedepan. Untuk itulah, rakyat harus ikut berpartisipasi dalam menentukan calon bupati dan wakil bupati dengan menggunakan hak suaranya.

“Kualitas maupun kuantitas Pilkada 2020 sangat penting, karena akan menentukan perjalanan pemerintahan untuk 5 tahun ke depan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo mengatakan pihaknya siap membantu melakukan sosialisasi dan inventarisasi terhadap sarana dan prasarana yang wajib dipersiapkan untuk mendukung suksesnya pelaksanaan protokol kesehatan. Pelaksanaan pilkada harus menerapkan protokol Covid-19 agar tidak ada penyebaran kasus.

Sementara itu Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho akan melakukan inventarisasi dan mengusulkan rencana kebutuhan ke KPU Pusat melalui KPU DIY.

“Kita sedang inventarisasi kebutuhan kita untuk diusulkan ke pusat,” ujar Agus.

Editor : Kuntadi Kuntadi