Kunjungi Keraton Yogyakarta, Raja Malaysia Disambut Beksan Lawung Jajar

Kuntadi ยท Rabu, 28 Agustus 2019 - 13:13 WIB
Kunjungi Keraton Yogyakarta, Raja Malaysia Disambut Beksan Lawung Jajar
Keluarga Raja Malaysia berfoto bersama keluarga Sultan HB X saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Rabu (28/8/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.idRaja Malaysia Yang Dipertuan Agung XVI Al Sultan Abdullah Al Mustafa Billah Shah beserta keluarganya berkunjung ke Keraton Yogyakarta, Rabu (28/8/2019). Rombongan ini diterima Sultan Hamengkubuwono X dan GKR Hemas beserta para putri dalem dan menantu.

Pantauan iNews.id, setiba di Keraton, rombongan keluarga Raja Malaysia disamput Putri Dalem GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Bendoro dan GKR Maduretno beserta menantu dalem KPH Notonegoro dan juga KPH Purbodiningrat serta KRT Yudhohadinibgrat. Hanya GKR Hayu yang tak bisa ikut dalam penjemputan karena baru saja melahirkan.

Sementara Sultan menyambutnya di Regol Donopratopo, yang merupakan pintu kedua untuk masuk ke Keraton bersama GKR Hemas dan para pejabat. Rombongan kemudian singgah di Gedong Jene yang berada di sisi barat.


Selang setengah jam, rombongan Raja Malaysia bersama permaisuri dan tiga putrinya kemudian diajak ke Bangsal Kencono untuk menyaksikan Beksan Lawung Jajar, karya Sultan HB I.

Beksan atau tarian ini menceritakan olah keprajuritan yang selalu ditampilkan dalam menyambut tamu agung di Keraton. Rencananya rombongan akan menghadiri jamuan makan siang di Bangsal Manis.

"Beksan lawung ini menceritakan tentang keprajuritan," ujar Pengageng Peribtab Ageng KRT Yudohohadiningrat didampingi Pengageng Purorakso-Keamanan KPH Suryohadiningrat.


Editor : Donald Karouw