Pencuri Handphone yang Tinggalkan Motor di Rumah Korban Ditangkap

Budi Utomo ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 13:18 WIB
Pencuri Handphone yang Tinggalkan Motor di Rumah Korban Ditangkap
Pelaku Pencurian Handphone, jam dan uang diperiksa petugas Polsek Lendah. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id – Pelaku pencurian handphone yang meninggalkan motornya di rumah korban di Kulonprogo,  Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ditangkap polisi. Pelaku rupanya seorang residivis itu dilaksanakan kurang dari 24 jam.

“Pelaku sudah kami amankan dengan inisial TRI alias Pen (26) warga Karangsewu, Galur, Kulonprogo,” kata Kapolsek Lendah AKP Fakhrurodin, Jumat (16/10/2020).

Penangkapan dilakukan setelah ada laporan dari korban Rico kepada polisi. Dari olah TKP di Pedukuhan Sumberejo, Jatirejo, Lendah, petugas mengamankan sebuah sepeda motor Suzuki FU dengan nopol AB 4163 GY. Petugas juga menemukan barang bukti handphone milik korban yang diduga terjatuh saat pelaku berusaha kabur.

Dari penyelidikan polisi mengarah kepada keterlibatan pelaku. Petugas kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penangkapan di rumahnya. Dari pemeriksaan secara intensif, pelaku mengakui telah mencuri barang-barang milik korban karena alasan ekonomi.

Pelaku beraksi seorang diri dengan mengendarai sepeda motor yang diparkir agak jauh dari rumah korban. Selanjutnya pelaku masuk ke rumah korban lewat jendela yang tidak terkunci. Namun apes, saat kabur membawa barang-barang curian aksinya tepergok korban. Pelaku akhirnya kabur meninggalkan sepeda motornya karena korban berteriak ada maling.

“Pelaku merupakan residivis, dan ini adalah kasus ketiganya,” kata Fakhrurodin.

Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun. Polisi telah mengamankan barang bukti berupa sepeda motor milik pelaku dan handphone korban. Sedangkan uang dan jam tangan masih dalam pencarian.


Editor : Kuntadi Kuntadi