Kurang dari 24 Jam, Polsek Sleman Ungkap Kasus Pencurian Burung

Kuntadi ยท Senin, 18 Januari 2021 - 19:38:00 WIB
Kurang dari 24 Jam, Polsek Sleman Ungkap Kasus Pencurian Burung
Barang bukti hasil curian yang diamankan Polsek Sleman dari pelaku At. (Foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id – Seorang buruh harian lepas AT (38) warga Kalurahan Margoagung, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman diamankan petugas reskrim Polsek Sleman, karena diduga melakukan pencurian sejumlah burung. Pelaku beraksi pada dini hari saat korban sedang pulas tertidur. 

Aksi pencurian ini dilakukan AT pada Rabu (13/1/2021) lalu. Pelaku menggondol lima burung kicauan milik Dwi Santosa (29) warga Kalurahan Caturharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman. 

“Kami amankan pelaku kurang dari 24 jam, setelah kejadian,” kata Kapolsek Sleman Kompol Irwantoro didampingi Kanit Reskrim Iptu Eko Haryanto, Senin (18/1/2021). 

Menurutnya, aksi pencurian dilakukan pelaku sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu korban terbangun dari tidurnya dan keluar rumah untuk mengecek sepeda motor yang diparkir di teras rumah. Sepeda motor masih utuh, namun korban melihat lima sangkar burung berisi sejumlah burung kicauan sudah raib. 

Keesokan harinya, korban melapor kasus ini ke polisi dan ditindaklanjuti dengan pemeriksaan kepada saksi dan olah TKP. Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan mengarah kepada keterlibatan pelaku. 

“Kami amankan pelaku sore harinya di rumahnya tanpa perlawanan,” katanya.

Selain mengamankan tersangka, polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa burung poksai mantel, burung poksai mandarin, burung poci, burung kenari dan burung sirtu. Selain itu juga satu buah sangkar burung dari kayu warna hitam, satu unit sepeda motor RX-King warna biru yang diduga digunakan sebagai sarana kejahatan, dan jaket jamper kain warna biru.

Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara. 

Editor : Kuntadi Kuntadi