Kurangi Risiko Pemalsuan, Sri Sultan Akan Pakai Tanda Tangan Digital

Nani Suherni ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 09:06:00 WIB
Kurangi Risiko Pemalsuan, Sri Sultan Akan Pakai Tanda Tangan Digital
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X (Foto: Pemda DIY)

YOGYAKARTA, iNews.id - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berencana mengubah tanda tangan manual Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menjadi digital. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi risiko pemalsuan tanda tangan Gubernur DIY.

Hal ini diungkapkan usai mendampingi Gubernur DIY mendengarkan paparan BKD DIY terkait rencana ini pada Senin (19/10). Paparan BKD DIY ini dilakukan di Gedhong Gadri, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

“Ada rencana kami akan memanfaatkan tanda tangan elektronik Pak Gubernur. Tadi BKD mempresentasikan kepada Gubernur DIY terkait kegiatan apa saja yang membutuhkan banyak tanda tangan Gubernur DIY. Misalnya, untuk kenaikan pangkat dan SK pensiun,” kata Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, dilansir website resmi Pemda DIY, Rabu (21/102/2020).

Menurut Aji, selain mampu mengurangi risiko pemalsuan, kegiatan yang membutuhkan banyak tanda tangan Gubernur DIY juga bisa lebih cepat dilakukan. Dalam hal ini, Sri Sultan pun menyetujui, namun meminta BKD DIY untuk menyusun apa saja yang perlu dilakukan untuk merealisasikannya.

Editor : Nani Suherni