Libatkan Jaga Warga, Kapolres Kulonprogo Pimpin Patroli Keliling Cegah Kejahatan Jalanan

Kuntadi ยท Minggu, 27 November 2022 - 18:56:00 WIB
Libatkan Jaga Warga, Kapolres Kulonprogo Pimpin Patroli Keliling Cegah Kejahatan Jalanan
Polres Kulonprogo bersama Satpol PP dan Jaga Warga melakukan patroli untuk mencegah kejahatan jalanan. (Foto: istimewa)

KULONPROGO, iNews.id - Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini memimpin patroli keliling untuk mencegah terjadinya kejahatan jalanan. Patroli ini merupakan salah satu upaya preventif dari pada melakukan tindakan represif atau pemberantasan. 

Patroli ini dilakukan dengan menyambangi lokasi-lokasi yang rawan. Kapolres juga menemui sejumlah warga yang tengah melaksanakan ronda di sejumlah pos kamling. Mereka mengajak warga melalui Jaga Warga untk melakukan upaya pencegahan kejahatan. 
 
"Semuanya harus ikut melakukan pencegahan kejahatan jalanan dengan mengedepankan upaya preventif dengan melakukan patroli gabungan Polres Kulonprogo bersama Satpol PP, Satlinmas dan Jaga Warga," kata Kapolres AKBP Muharomah Fajarini usai memimpin Apel Gabungan Polres Kulonprogo, Satpol PP, Satlinmas dan Jaga Warga di halaman Mapolsek Wates, Minggu (27/11) dini hari.

Menurut Kapolres, polisi telah melakukan analisa dan evaluasi gangguan kamtibmas selama 2022-2022. Mereka mengelompokkan zona rawan satu di Kalurahan Bendungan, Triharjo, Wates dan Giripeni. Sedangkan zona dua ada di Kalurahan Tanjungharjo, Nanggulan. 

“Kedua zona ini, kejahatan jalanan cukup menonjol, kami terus melupakan upaya pencegahan bekerja sama dengan polsek dan kapanewon,” katanya.  

Dikatakannya, Kulonprogo masih cukup kondusif dibandingkan kabupaten lain di DIY. Beberapa kasus yang ditemukan sejumlah remaja membawa senjata tajam. Namun mereka belum sampai melakukan penganiayaan. Selain itu kasus kejahatan jalanan yang muncul dari rentetan kasus di wilayah lain yang lari ke Kulonprogo.  

Jaga warga merupakan petugas keamanan swadaya masyarakat untuk mengamankan wilayahnya. Mereka berisikan tokoh masyarakat yang akan banyak dilibatkan dalam mewujudkan kamtibmas di masyarakat. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: