Libur Lebaran, Puluhan Wisatawan Hendak ke Pantai di Gunungkidul Diminta Putar Balik

Kismaya Wibowo ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 08:41:00 WIB
Libur Lebaran, Puluhan Wisatawan Hendak ke Pantai di Gunungkidul Diminta Putar Balik
Petugas melarang pengunjung masuk pantai (Foto: iNews/Kismaya Bibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Puluhan wisatawan yang hendak menuju kawasan pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terjaring razia. Mereka diminta putar balik dan tidak melanjutkan perjalanan ke pantai.

Pantauan iNews.id, Selasa (26/5/2020), razia dilakukan petugas SARSATLINMAS Wilayah II Pantai Baron terhadap puluhan wisatawan yang datang menggunakan motor. Meski jalan menuju kawasan pantai telah ditutup, para wisatawan bisa mencapai pantai setelah menempuh jalur tikus.

Petugas meminta para wisatawan tidak berwisata di pantai untuk menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

"Lebih dari 60 wisatawan terpaksa diminta putar balik di wilayah pantai selatan Gunungkidul," ujar Sekretaris SARSATLINMAS Wilayah II Pantai Baron, Dimas Surisdiyanto, Selasa (26/5/2020).

Dia menuturkan, para wisatawan yang datang itu semuanya wisatawan lokal yang datang dari Klaten, Solo hingga warga lokal di Gunungkidul.

Dari pengakuan wisatawan tersebut, mereka bisa mendekat ke wilayah pantai karena melewati jalur-jalur tikus yang tidak ditutup.

Dimas menuturkan, larangan berwisata ke pantai masih berlah karena Pemerintah Kabupaten Gunungkidul telah menutup kawasan pantai hingga waktu yang belum ditentukan terkait pencegahan penyebaran Covid-19.


Editor : Reza Yunanto