Libur Panjang Maulid Nabi, KAI Catat Peningkatan Penumpang Signifikan di Yogyakarta dan Solo

YOGYAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan seluruh anak perusahaannya mencatat lonjakan jumlah penumpang selama libur panjang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Peningkatan ini terjadi pada layanan kereta api (KA) jarak jauh, Commuter Line, dan KA Bandara, terutama di wilayah Daop 6 Yogyakarta yang mencakup kota-kota favorit seperti Yogyakarta dan Solo.
Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat, KAI telah mengambil langkah proaktif dengan menambah kapasitas dan mengoptimalkan layanan yang terintegrasi. Upaya ini dilakukan agar masyarakat dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar.
“Melalui layanan terintegrasi, pelanggan dapat lebih mudah mengakses perjalanan jarak jauh, mobilitas harian, maupun transportasi ke bandara secara efisien dan terukur di wilayah Daop 6 Yogyakarta sebagai daerah wisata,” ujar Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
Pada Kamis (4/9), KAI melayani lebih dari 192 ribu penumpang KA jarak jauh di seluruh Indonesia. Khusus di wilayah Yogyakarta dan Solo, KA Joglosemarkerto menjadi favorit dengan mencatat okupansi mencapai 197,94% atau 5.760 penumpang per hari. Guna memenuhi tingginya permintaan, KAI menyediakan 44.437 tempat duduk tambahan dengan merangkaikan kereta tambahan pada rata-rata 24 perjalanan KA jarak jauh per hari selama periode libur panjang.
Layanan Commuter Line juga mengalami peningkatan. Pengguna Commuter Line Yogyakarta naik dari 16.364 orang pada 1 September menjadi 22.602 orang pada 4 September. KAI Commuter Area 6 Yogyakarta merespons peningkatan ini dengan menambah empat perjalanan Commuter Line Yogyakarta–Palur, sehingga total menjadi 31 perjalanan per hari.
Peningkatan juga terlihat pada layanan KA Bandara. KA Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) mencatat 2.305 pelanggan pada 4 September, dengan okupansi mencapai 121%. Sementara itu, KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) melayani 8.573 pelanggan pada tanggal yang sama, menjadikannya jumlah tertinggi sejak awal bulan.
"Optimalisasi layanan KAI Group di wilayah Daop 6 Yogyakarta pada masa libur panjang ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk terus mendukung aktivitas masyarakat dengan transportasi berbasis rel yang aman, nyaman, dan berkelanjutan,” tutup Anne.
Editor: Komaruddin Bagja