Lindungi Pekerja Migran Indonesia, BP2MI Dirikan Layanan Help Desk di Bandara YIA
KULONPROGO, iNews.id - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mendirikan lounge, help desk dan fast track keimigrasian di Bandara International Yogyakarta (YIA), Kulonprogo. Ini menjadi bentuk hadirnya negara untuk melindungi Pekerja Migran Indonesia (PMI).
“Ini merupakan perintah Presiden Jokowi, negara hadir melayani mereka (PMI) sebagai bagian anggota masyarakat,” kata Sekretaris Utama BP2MI, Rinardi pada peresmian layanan lounge, help desk dan fast track di Bandara YIA, Kamis (1/6/2023).
Rinardi mengatakan, tidak bisa dipungkiri PMI merupakan penyumbang devisa terbesar kedua setelah sektor migas. Setiap tahunnya mereka mampu menyumbang devisa senilai Rp159,5 triliun. Untuk itulah mereka harus mendapatkan pelayanan, baik saat datang akan hendak berangkat.
BP2MI juga menyediakan fast track keimigrasian bagi PMI. Mereka akan mendapatkan pelayanan jalur khusus sebagai pahlawan devisa sejajar dengan konsulat atau duta besar.
“Kami ingin membuat mereka mudah dan merasa nyaman,” katanya.
Rinardi mengatakan, saat ini ada 95.000 PMI dalam kondisi terkendala di luar negeri. Mereka berangkat nonprosedural dan banyak bekerja di sektor informal. Mereka ini sebenarnya tidak salah tetapi menjadi korban bandar atau calo.
Editor: Kuntadi Kuntadi