Long Weekend di Masa Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Capai 39.000 Orang

Kuntadi ยท Selasa, 18 Agustus 2020 - 17:00:00 WIB
Long Weekend di Masa Pandemi Covid-19, Kunjungan Wisatawan ke Yogyakarta Capai 39.000 Orang
Jalan Malioboro (ilustrasi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Libur panjang peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI menjadikan tingkat kunjungan wisatawan ke DIY mengalami peningkatan. Meski dalam masa pandemi Covid-19, banyak orang datang ke Yogyakarta untuk berwisata.

“Selama masa pandemi Covid-19, akhir pekan kemarin kunjungan wisatawan sangat tingi,” kata Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo di Kepatihan Yogyakarta, Selasa (18/8/2020).

Dari akumulasi di 41 destinasi wisata, angkanya mencapai 39.000 orang. Jumlah ini sangat tinggi dibandingkan dengan kunjungan selama bulan Maret hingga Juli lalu. Kemungkinan banyak orang jenuh dan ingin bersantai di obyek wisata.

Total wisatawan ini, terdata dalam aplikasi Visiting Jogja. Mayoritas pengunjung merupakan warga lokal di DIY. Namun grafik kunjungan wisatawa dari luar daerah juga mengalami peningkatan.

“Mayoritas pengunjung lokal, kemudian Jawa Tengah, Jatim, Jabar dan dari DKI,” katanya.

Singgih mengatakan dalam kondisi saat ini, antara ekonomi dan kesehatan harus berjalan bersama. Apalagi pengunjung dari luar daerah mengalami peningkatan sekitar 53 persen.

Peningkatan kunjungan ini mulai nampak pada pekan 11 Juli dengan kunjungan mencapai 8.000 orang. Sedangkan pada awal Agustus sudah menyentuh angka 14.000 dan akhir pekan kemarin mencapai 16.000.

“Mayoritas pengunjung memilih Malioboro sebagai destinasi favorit,” katanya.

Untuk mengantisipasi penularan, di sepanjang Jalan Malioboro sudah menerapkan pembatasan dan protokol kesehatan. Petugas jaga juga stand by untuk mengingatkan pengunjung melakukan scan barcode yang ada.

“Harapan kita wisatawan memiliki kesadaran menerapkan potokol kesehatan, jangan hanya mengandalkan petugas,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi