Lonjakan Kasus Tinggi, Gubernur DIY Minta Prokes Covid-19 Diperketat sampai Desa

Kuntadi · Jumat, 04 Desember 2020 - 17:57:00 WIB
Lonjakan Kasus Tinggi, Gubernur DIY Minta Prokes Covid-19 Diperketat sampai Desa
Sri Sultan Hamengkubuwono X

YOGYAKARTA, iNews.id – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X meminta agar pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 diperketat sampai di desa/kalurahan. Menyusul lonjakan kasus Covid-19 yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir. 

“Kami sudah mengeluarkan keputusan untuk diperketat di desa-desa,” kata Sri Sultan di Kepatihan Pemda DIY, Jumat (4/12/2020).  

Sultan juga meminta warga untuk lebih meningkatkan komunikasi antar warga. Hal ini sangat penting untuk memudahkan tracing ketika ada kasus positif. 

“Protokol menjadi makin penting, dalam report ini sudah ditracing ternyata bertemu dengan nomor sekian. Berarti kan antar lingkungan ini,” kata Sultan.  

Sementara itu, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, gubernur sudah meminta kepada bupati dan walikota untuk semakin intensif mengkampanyekan protokol kesehatan. Bupati juga diminta untuk meneruskan ke camat dan lurah agar protokol kesehatan lebih diperketat untuk mencegah penularan Covid-19. 

“Yang susah itu kan menghindari kerumunan. Protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat,” katanya.  

Dalam dua hari ini penambahan kasus Covid-19 di DIY cukup tinggi, bahkan pada Kamis (3/12/2020) menjadi rekor tertinggi dengan penambahan 189 kasus. Hari ini penambahan juga tinggi 181 kasus sehingga total kasus ada 6.565 kasus sampai dengan Jumat (4/12/2020).

"Hasil pemeriksaan laboratorium ada 181 kasus positif sehingga total menjadi 6.565 kasus,” kata Juru Bicara Pemda DIY dalam Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih. 

Editor : Kuntadi Kuntadi