Maknai Hari Lahir Pancasila, Ketua Komisi A DPRD DIY: APBD Harus Sejahterakan Rakyat

Kuntadi ยท Rabu, 01 Juni 2022 - 19:07:00 WIB
Maknai Hari Lahir Pancasila, Ketua Komisi A DPRD DIY: APBD Harus Sejahterakan Rakyat
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwarto (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Praktik penyelenggaraan negara maupun program pembangunan harus berorientasi dan berlandaskan ideologi Pancasila. Ideologi Pancasila akan membawa masyarakat yang sejahtera. 

"Pancasila harus menjadi pedoman penyusunan APBN dan APBD untuk mewujudkan kemakmuran rakyat,” kata Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, (1/6/2022). 

Politisi PDIP ini melihat, momentun peringatan hari lahir Pancasila setiap 1 Juni bukanlah sekadar rangkaian seremonial. Namun harus mewujudkan kerja nyata membawa rakyat Indonesia lebih sejahtera. Presiden Jokowi telah menetapkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan menjadi hari libur nasional, sesuai Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016.

“Semuanya harus bekomitmen untuk membawa rakyat adil dan makmur, hidup sejahtera yang diwujudkan dalam setiap sendi kehidupan berbangsa," katanya. 

Selaras dengan keputusan presiden, Pemda DIY telah membentuk Perda 1 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Perda ini mengamanatkan Pendidikan Pancasila untuk aparatur sipil negara.

“Harapannya PNS dilingkungan Pemda DIY dapat mengenali, mengerti dan meyakini Pancasila sehingga mampu mempraktekkan Pancasila dalam menyusun kebijakan pembangunan dan APBD maupun Danais secara baik,”kata Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta ini. 

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: