Malu karena Kasus Pelecehan Seksual, Alumni UGM Ini Bakar Ijazah

Sindonews, Ainun Najib ยท Rabu, 14 November 2018 - 23:45 WIB
Malu karena Kasus Pelecehan Seksual, Alumni UGM Ini Bakar Ijazah
Alumni UGM Yogyakarta nekat membakar ijazah karena diduga malu atas kasus pelecehan seksual yang menimpa mahasiswa kampus tersebut. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id – Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang mengaku bernama Arfiantriono Hartoadi nekat membakar ijazah karena diduga kecewa dan malu atas kasus dugaan perkosaan mahasiswi Fisipol saat KKN di Pulau Seram pada 2017.

Aksi nekat Arfiantono membakar ijazah sarjananya itu kemudian diunggah ke media sosial dan videonya jadi viral di grup aplikasi WhatsApp.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Aryani membenarkan ada nama Arfiantriono Hartoadi dalam data alumni UGM. “Begitu viral kita cek di data akun alumni dan ternyata nama tersebut adalah alumni UGM," ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Iva menyesalkan aksi pembakaran ijazah tersebut, namun UGM tidak bisa berbuat apa-apa karena pembakaran ijazah itu keputusan yang bersangkutan. Saat ditanya apakah akan ada sanksi yang akan diberikan, Iva mengaku pihaknya belum memikirkan ke arah sana. “Saya belum tahu detailnya,” ucapnya.

Iva mengaku belum mengetahui penyebab pembakaran ijazah itu, apakah lantaran kecewa terhadap penanganan UGM terhadap kasus dugaan pemerkosaan itu. “Saya tidak bisa memastikan apakah ada hubungannya dengan itu (dugaan perkosaan) atau tidak," katanya.

Sebelumnya melalui pesan berantai di WhatsApp beredar luas video dengan durasi sekitar 59 detik. Dalam video itu tampak seorang pria yang mengaku bernama Arfiantriono Hartoadi membakar ijazahnya sendiri. "Aku Arfiantriono Hartoadi, lihat nih. Aku alumni UGM, dan aku malu...."


Editor : Kastolani Marzuki