Mau Keliling Malioboro Yogya dengan Sepeda, Pakai Aplikasi Jogjabike

Kuntadi ยท Minggu, 28 Oktober 2018 - 22:15 WIB
Mau Keliling Malioboro Yogya dengan Sepeda, Pakai Aplikasi Jogjabike
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti (depan) saat berkeliling kawasan Malioboro dengans epeda melalui aplikasi Jogjabike. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Berwisata di Kota Yogyakarta belum lengkap jika belum menyusuri sepanjang Jalan Malioboro, Alun-Alun Lor dan Kidul, Keraton dan seputarnya.

Terlebih jika menyusuri kawasan itu dengan bersepeda. Bagi wisatawan dari luar kota, tidak perlu khawatir karena kini tersedia sepeda yang bisa dipinjam hanya dengan men-download aplikasi online melalaui smartphone.

Program Jogjabike ini dirancang untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan. Program bike sharing berbasis daring ini semuanya murni lokal Indonesia. Mengusung program “Jogja Ada Sepeda” Jogjabike menghadirkan sebuah sepeda smart khas Jogja.

“Ini murni semuanya produk lokal Indonesia. Mulai sepedanya, perangkat smartlock, sampai aplikasi semuanya lokal,” kata Muhammad Aditya, penggagas Jogjabike di Loko Café kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, Sabtu (27/10/2018) malam.

Untuk tahap awal sepeda ini hanya berada di seputaran Malioboro yang menjadi ikon Yogyakarta. Secara berkala akan terus dilengkapi hingga ada 1.000 sepeda yang tersebar di berbagai fasilitas publik dan destinasi wisata.

Komisaris Jogjabike Triyanto mengungkapkan, secara kualitas baik aplikasi maupun sepeda tidak kalah dengan impor yang banyak di kota lain. Bahkan, Jogjabike ini lebih unggul dibandingkan aplikasi di China maupun Singapura karena tidak asal taruh.

Setiap pemakai start dan finis harus berada di ShelterPit yang telah disediakan. Spesifikasi sepeda, juga cukup khas untuk ontelan matik, tidak berat dan ringan. “Sepedanya pas dengan kontur Kota Yogyakarta yang mayoritas jalanannya rata,” tuturnya.

Jogjabike ini akan mampu mendukung pariwisata di Kota Yogyakarta sebagai destinasi wisata baru. Wisatawan tinggal download aplikasi, sudah jalan.

Wali Kota Haryadi Suyuti mengapresiasi kehadiran Jogjabike yang memperkuat smart city Kota Yogyakarta. Kerjasama Pemkot dengan Jogjabike ini menjadi salah satu upaya mensukseskan program Jogja Ada Sepeda. “Daerah lain mungkin bisa menambah dengan menemukan sumber daya alam menarik. Yogyakarta dengan kreativitas menarik,” tuturnya.

Menurut Haryadi, sepeda ini bisa dipakai dimana saja oleh wisatawan. Di dalam sepeda juga dilengkapi GPS, yang akan memudahkan untuk memantau. Untuk tahap awal akan ditempatkan di ujung utara Malioboro. Namun nantinya akan ditambah di sekitar Inna Garuda Hotel, Kepatihan, Pasar Beringharjo dan Titik Nol Kilometer. “Siapa pun boleh memakai, tinggal download aplikasi. Kalau hilang kita cari,” tuturnya.


Editor : Kastolani Marzuki