Merapi Siaga, Pangdam IV/Diponegoro Minta Prajurit Harus Responsif Hadapi Bencana

Ahmad Antoni ยท Minggu, 06 Desember 2020 - 09:30:00 WIB
Merapi Siaga, Pangdam IV/Diponegoro Minta Prajurit Harus Responsif Hadapi Bencana
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari menutup Latihan Posko I Korem 072/Pamungkas Tahun 2020 bertempat di Aula Makorem 072/Pamungkas. (Dok Pendam IV/Diponegoro)

YOGYAKARTA, iNews,id - Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari secara resmi menutup Latihan Posko I Korem 072/Pamungkas Tahun 2020 bertempat di Aula Makorem 072/Pamungkas, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta, Sabtu (5/12/2020). Pangdam berharap para peserta semakin menguasai tugas-tugas sebagai komandan maupun staf khususnya dalam menghadapi bencana alam di daerah. Selain itu materi yang diperoleh dalam latihan dapat dipraktikkan dengan benar di lapangan.

Menyikapi adanya potensi bencana alam berupa erupsi gunung Merapi di wilayah Korem 072/Pamungkas, Pangdam menekankan agar semua pihak aktif dalam merespon perkembangan situasi yang terjadi. Melalui latihan yang telah dilaksanakan tentunya semua peserta semakin dapat meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan dalam penanganan bencana Gunung Merapi yang saat ini dalam kondisi level III (Siaga).

"Melihat kondisi ini kita harus secepatnya melakukan tindakan tanggap darurat guna membantu mayarakat yang ada di sekitar daerah rawan bencana Gunung Merapi" kata Pangdam. 

Menurutnya, kegiatan evaluasi harus selalu dilakukan pada setiap latihan. Hal ini dimaksudkan agar berbagai kelemahan dan kekurangan atau hambatan yang ditemukan dapat dijadikan masukan bagi upaya perbaikan untuk latihan selanjutnya.

"Lakukan evaluasi secara menyeluruh penyelenggaraan latihan ini, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga tahap pengendalian dalam bentuk kaji ulang untuk mengetahui berbagai permasalahan yang ditemukan pada penyelenggaraan latihan tahun ini, untuk digunakan sebagai acuan penyelenggaraan latihan sejenis di masa yang akan datang,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: