Mesin Pompa Air di Gua Seropan Rusak, Pasokan PDAM Gunungkidul Tersendat

Kismaya Wibowo ยท Kamis, 27 Agustus 2020 - 12:17:00 WIB
Mesin Pompa Air di Gua Seropan Rusak, Pasokan PDAM Gunungkidul Tersendat
Pegawai PDAM memperbaiki pipa di Gua Seropan, gunungkidul. (foto: Inews.id/Kismaya wibowo)

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Handayani, Gunungkidul tersendat. Penyebabnya salah satu mesin pompa air di Gua Seropan yang berada di kedalaman 350 meter rusak.

Rusaknya satu dari enam pompa air yang terletak di Gua Seropan, Rongkop, Gunungkidul ini diketahui saat tim melakukan perawatan rutin. Setiap musim kemarau tim teknis akan mengecek kondisi mesin pompa yang berada di bawah tanah di dalam gua.

“Ada satu mesin yang rusak dari enam yang kita miliki. Ini yang menjadikan debit air mengalami penurunan,” kata Direktur PDAM Tirta Handayani, Toto Sugiharto, Kamis (26/8/2020).

Toto menduga, rusaknya mesin ini karena listrik yang kerap mati. Hal ini menjadikan mesin cepat rusak. Padahal mesin ini usianya baru tiga tahun. Akibat pasokan tersendat, distribusi di wilayah Semanu, Karangmojo, Semin, Ponjong, Wonosari dan Rongkop kurang maksimal.

Untuk memenuhi pasokan air kepada konsumen, PDAM mengganti dengan mesin pompa yang baru. Ukuran mesin disesuaikan dengan kapasitas dan disamakan dengan mesin yang ada.

“Musim kemarau ini, permintaan air meningkat. Ini diganti dengan yang baru,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PDAM Gunungkidul Isnawan mengatakan, mesin pompa di Gua Seropan sangat sentral dalam pemenuhan air bersih di Gunungkidul. Dalam kondisi normal debit air mencapai 175 liter per detik.

“Agar pasokan normal, kita rutin lakukan perawatan,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Bagikan Artikel: