Motor Terseret Kereta Api 20 Meter di Kulonprogo, 2 Pelajar Selamat

Budi Utomo ยท Rabu, 19 Desember 2018 - 22:16 WIB
Motor Terseret Kereta Api 20 Meter di Kulonprogo, 2 Pelajar Selamat
Petugas Polres Kulonprogo olah TKP di perlintasan kereta tanpa palang pintu di Desa Wates, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu (19/12/2018). (Foto: iNews/Budi Utomo)

KULONPROGO, iNews.idKecelakaan terjadi di perlintasaan kereta api sebidang tanpa palang pintu di Kelurahan Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, DIY, Rabu petang (19/12/2018). Dua pelajar selamat setelah tertabrak kereta api saat melintas dengan sepeda motor.

Kedua pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mengendarai sepeda motor AB 4088 YC itu tertabrak Kereta Api Gajahwong di selatan RSUD Wates, Desa Wates. Sepeda motor sempat terseret kereta api yang melajur dari arah barat itu hingga sejauh 15-20 meter dari titik benturan awal. Beruntung, kedua pengendara selamat meskipun luka-luka. Sementara sepeda motornya hancur.

Kedua korban yakni, Zulfi Rizal Ikhsan Saputra (16), warga Gunung Rego, Desa Hargorejo, Kecamatan Kokap, dan yang dibonceng, Eka Fatika Sofiyani (16), warga Pedukuhan Tambak, Triharjo, Kecamatan Wates. Keduanya dilarikan ke RSUD Wates untuk penanganan lebih lanjut.


Kepala Urusan Administrasi Jalan Rel Wates PT KAI Daop 6 Yogyakarta Yonatan Ary mengungkapkan, kecelakaan terjadi tepat di perlintasan kereta Kilometer 513.45. Kereta Api Gajah Wong yang melaju dari arah barat langsung menghantam sepeda motor Nopol AB 4088 YC yang melintas.

“Perlintasan kereta memang tak berpintu. Selama saya bertugas di sini, baru kali ini terjadi kejadian seperti ini. Setelah kejadian ini mungkin nanti lintasan akan ditutup,” papar Yonatan Ary.

Sementara petugas Satlantas Polres Kulonprogo Bripka Edy Purnanto mengungkapkan, sampai saat ini kedua korban masih dirawat di RSUD Wates karena luka parah setelah sepeda motornya ditabrak kereta api. Sedangkan bangkai sepeda motor telah dibawa ke Mapolres Kulonprogo sebagai barang bukti.

“Yang laki-laki patah tulang dan cidera kepala, kalau yang perempuan luka ringan. Mereka sudah dibawa ke Rumah Sakit Wates,” kata Bripka Edy Purnanto.

Berdasarkan informasi dari beberapa saksi mata, pengendara motor yang melintas dari arah utara ke selatan, diduga tidak mengetahui ada kereta api yang akan melintas. Sepeda motor yang mereka kendarai langsung ditabrak dan sempat terseret sekitar 20 meter.

“Pengemudi sepeda motor diduga kehilangan fokus sehingga tak mengetahui bila ada kereta melintas ketika mereka tengah melintasi perlintasan tanpa palang pintu,” katanya.


Editor : Maria Christina