Mudik Tasikmalaya-Pasuruan, Pria ini Tempuh 635 Km dengan Sepeda

Kuntadi ยท Minggu, 02 Juni 2019 - 16:56 WIB
Mudik Tasikmalaya-Pasuruan, Pria ini Tempuh 635 Km dengan Sepeda
Ajun Junaedi menempun perjalanan dengan sepeda saat mudik. (Foto: iNews.id/Kuntadi).

KULONPROGO, iNews.id – Seorang pria, Ajun Junaedi (48), menempuh perjalanan jauh dengan sepeda dari Tasikmalaya, Jawa Barat menuju ke Pasuruan, Jawa Timur. Dia menempuh perjalanan 635 kilometer selama lima hari.

Ini merupakan tahun kedua dia melakoni mudik dengan mengayuh pedal sepeda. Beragam rintangan tak menyurutkan niatnya untuk pulang ke kampung halaman tercinta dan bersilaturahmi dengan keluarga.

"Saya sudah dua tahun ini mudik dengan bersepeda," kata Ajun kepada wartawan di Kabupaten Kulonprgo, DIY, Minggu (2/6/2019).

Sekali mudik dia hanya menghabiskan dana sekitar Rp200 ribu untuk membeli makan dan minum. Selama mudik dia hanya membawa bekal pakaian ganti. Selain itu peralatan servis, ban cadangan, air minum dan peralatan mandi.

Meski beberapa kali mengalami kempis ban, ataupun melakoni tanjakan tajam dan juga turunan yang curam, tidak membuatnya takut. Dia justru semakin tertantang untuk melewati rintangan yang dihadapi.

"Kebetulan saya juga gowes, ini sekalian untuk menyalurkan hobi," ujar dia.

Menurutnya kunci sukses mudik bersepeda adalah menjaga pisik tetap prima, dan mengatur waktu perjalanan. Termasuk beristirahat cukup selama perjalanan.

Meski sendirian, dia tetap bisa menikmati perjalanan sembari mengabadikan beberapa momen di setiap daerah yang dilaluinya. Dia mengatakan, mudik dengan sepeda juga bagian dari berkampanye global warming.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal