Musda X Partai Golkar Kulonprogo Usung Semangat Membangun Khayangan dan Ngarco Podo

Kuntadi ยท Sabtu, 08 Agustus 2020 - 11:55 WIB
 Musda X Partai Golkar Kulonprogo Usung Semangat Membangun Khayangan dan Ngarco Podo
DPD Partai Golkar Kulonprogo menggelar musyawarah daerah di KIng's Hotel, Wates. (foto: INews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kabupaten Kulonprogo, DIY menggelar Musyawarah Daerah (Musda) X di King’s Hotel, Wates, Kulonprogo. Partai mengajak seluruh kader untuk ikut membangun Partai.

“Semangat Musda ini harus kita maknai Mbangun Khayangan, Mbangun Ngarco Podo (membangun negara dan membangun masyarakat),” kata Ketua DPD Partai Golkar DIY, Gandung Pardiman saat membuka Musda, Jumat (7/8/2020) malam.

Kegiatan semalam hanya simbolis dengan pembukaan saja. Sedangkan pelaksanaan Musda dilaksanakan hari ini, Sabtu (8/8/2020). Salah satunya memilih Ketua DPD Partai Golkar Kulonprogo periode 2020-2025 dan menyusun pengurus.

Kemungkinan pemilihan ketua akan dilakukan secara aklamasi karena mengerucut kepada incumbent Suharto yang kini menjabat anggota DPRD Kulonprogo.

Gandung mengatakan, beberapa tahun ini perolehan suara Partai Golkar mengalami penurunan. Musda ini harus menjadi titik awal kebangkitan partai. Konsolidasi partai harus dimulai dari terpilihnya ketua umum, yang akan diteruskan ke tingkat kecamatan sampai dusun agar Golkar kembali solid.

“Kita akan doktrin kader dengan kekaryaan, dengan mengedepankan karakter yang sabar, ulet, tekun dan tak kenal menyerah kepada siapapun,” katanya.

Membangun khayangan harus dimaknai membangun negara yang harus dilakukan oleh kader. Mereka harus mampu hadir di belakang rakyat untuk ikut memikirkan nasib masyarakat. Pemikiran ini harus terus dilakukan agar bangsa ini semakin jaya.

“Pancasila sudah final, tidak bisa lagi diperas ke dalam trisila,” katanya.

Gandung mengajak seluruh pengurus yang akan terbentuk untuk mengedepankan tim dalam bekerja. Kepemimpinan yang kolektif kolegial harus dibangun dengan melibatkan peran seluruh pengurus.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar DIY Bidang Kaderisasi, John S Keban mengatakan, Musda menjadi langkah strategis dalam politik di Partai Golkar. Salah satunya dalam menyambut pemilu dan pilpres 2024 mendatang.

“Di DIY ada pilkada di tiga kabupaten, Golkar harus menang,” katanya.

Sementara Ketua DPD Partai Golkar Kulonprogo, Suharto mengatakan, selama kepemimpinannya Golkar mampu mempertahankan lima kursi di DPRD Kulonprogo dan satu di DIY.

Begitu juga dalam pilkada mampu mengusung pasangan bupati dan wakil. Terakhir dalam pemilihan wakil bupati sisa jabatan, Goilkar juga sukses.

“Kita akan terus berjuang untuk meningkatkan perolehan suara,” katanya.

Sementara itu Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana mengucapkan selamat atas pelaksanaan musda Partai Golkar. Musda harus menjadi ajang konsolidasi dalam menyusun program kerja untuk masyarakat, khususnya di Kulonprogo.

“Semoga Golkar bisa lebih berperan dalam pembangunan di Kulonprogo,” katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi