Naik Vespa, Pengusaha Muda Ini Daftar Cabup Bantul lewat Gerindra

Kuntadi, Trisna Purwoko ยท Senin, 25 November 2019 - 23:07 WIB
Naik Vespa, Pengusaha Muda Ini Daftar Cabup Bantul lewat Gerindra
Pengusaha muda Dewata Eka Putra (dua kanan) resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati Bantul 2020 lewat Partai Gerindra. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

BANTUL, iNews.idPengusaha Dewata Eka Putra mendaftar sebagai bakal calon bupati (cabup) Bantul melalui Partai Gerindra. Dia datang dengan mengendarai vespa tua diantar ratusan pendukungnya yang tergabung dalam Baladewa, Senin (25/11/2019).    

Dewata Eka Putra, selama ini dikenal sebagai pengusaha sukses. Dua juga aktif dalam kegiatan sosial dan menjadi ketua IOF Bantul.

Terjun ke dalam politik merupakan hal baru, karena ingin memajukan Kabupaten Bantul dan menyejahterakan warga.  

Tiba di Kantor DPC Gerindra, di Bakulan, Bantul, Eka langsug disambut Tim 11 yang merupakan tim penjaringan.

Dia langsung menyerahkan berkas pendaftaran dan diterima langsung ketua tim penjaringan Darwinto. “Saya baru mendaftar pertama ini dan saya mendaftar calon bupati,” kata Dewata.

BACA JUGA:Burung Puter Jadi Maskot Pilkada Bantul 2020

Dia mengaku siap mengikuti kontestasi dan perkembangan politik. Dia tidak akan memaksakan diri untuk menjadi calon bupati.

Jika nanti dari komunikasi politik ataupun koalisi mengarahkan dirinya untuk menjadi calon waup, dewa juga akan menerima dengan senang hati. “Realistis saja, jadi bupati saya siap, wakil pun juga siap,” katanya.

Dengan adanya calon bupati yang mendaftar di Gerindra, sudah ada dua kandidat yang resmi maju lewat Gerindra.

Ketua tim penjaringan Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan ada beberapa tahapan yang akan dilalui dalam mengusung calon dalam Pilkada Bantul.

Selain persyaratan administrasi, juga akan ada penyaringan dan pemaparan visi misi. Nantinya calon yang ada akan dibawa ke DPP untuk dimintakan rekomendasi.

“Calon yang mendaftar nanti akan di bawake pusat untuk mendapatkan rekomendasi,” ucapnya.

BACA JUGA: Pilkada Bantul 2020, PKB Hanya Buka Pendaftaran Posisi Wakil Bupati 

Sementara itu, PDIP Bantul menggelar rapat kerja daerah (rakerda), Minggu (24/11/2019). Salah satu targetnya adalah untuk merebut kembali kursi bupati di Bantul dalam pilkda 2020 mendatang.  

“Berkaca pada kekalahan dalam pilkada yang lalu, kita ingin mendengarkan suara rakyat lantaran menyadari bahwa pilkada adalah pemilu rakyat, dimana rakyat berdaulat dalam menentukan pilihan,” kata Sekretaris DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Menghadapi Pilkada Bantul 2020, DPC PDIP telah melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati bantul pada September lalu.

Dari internal muncul nama Joko Purnomo, Abdul Halim Muslih dan Bambang Wisnu yang kini masih menjabat sebagai kepala DPPKA DIY. Sedangkan dari unsur individu yang mendaftar Agus Santoso dan Kompol Kusila. 


Editor : Kastolani Marzuki