Napi Rutan Wates yang Kabur ke Kebumen, Ditangkap Usai Pesta Miras

Kuntadi ยท Selasa, 29 Oktober 2019 - 12:37:00 WIB
Napi Rutan Wates yang Kabur ke Kebumen, Ditangkap Usai Pesta Miras
Pinasthi Bayu Setya Aji, narapidana Rutan IIB Wates, Kulonprogo yang kabur namun kembali tertangkap di Alun-Alun Kebumen, Senin (28/10/2019). (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id – Polres Kulonprogo berhasil menangkap salah satu narapidana atas nama Pinasthi Bayu Setya Aji yang kabur dari Rutan Kelas IIB Wates, Kulonprogo, DIY. Napi kasus penggelapan motor ini ditangkap di Alun-Alun Kebumen Jawa Tengah, Senin (28/10/2019) usai pesta miras.

Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Ngadi mengatakan, saat penangkapan, dari mulut napi ini tercium bau alkohol. Kepada polisi, Pinasthi mengaku baru saja pesta miras dengan temannya, mantan napi dari rutan yang sama.

Ngadi menambahkan, saat ditangkap, napi tersebut sempat berusaha melawan. Namun jumlah polisi yang banyak membuatnya tidak dapat berkelit.

“Kondisi napi yang masih dalam pengaruh alkohol memudahkan petugas melumpuhkannya,” kata
Ngadi, Selasa (29/10/2019).

Sayangnya, teman pesta miras Pinasthi berhasil kabur saat penangkapan. Hal ini lantaran polisi fokus pada terpidana Pinasthi.

Mereka sebelumnya berkenalan saat masih sama-sama menjalani hukuman di rutan Wates. Keduanya bahkan berjanji akan pesta miras bersama saat Pinasthi berhasil kabur.

Sebelumnya, terpidana kasus pencurian dengan pemberatan, Pinasthi Bayu Setya Aji ditangkap polisi di Alun-Alun Kebumen, Senin sekitar pukul 17.00 WIB. Keberhasilan ini berawal dari informasi yang diberikan masyarakat.

Petugas melakukan penyelidikan dan mencari keberadan napi asal Desa Giripeni, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulonprogo tersebut. Hingga akhirnya diketahui terpidana tersebut sedang duduk di Taman di Alun-alun Kebumen.

Tanpa banyak perlawanan, tersangka langsung dimasukkan ke dalam mobil untuk dibawa ke Kulonprogo.

Ngadi mengatakan, dari pengakuan napi Pinasthi kepada polisi, dia kabur dengan memanjat tembok belakang rutan bersama dengan empat narapidana lainnya. Begitu berhasil keluar, dia lari ke selatan dan akhirnya pergi ke Kebumen dengan menumpang bus.

Dengan penangkapan Pinasthi, empat dari lima narapidana yang kabur sudah berhasil ditangkap. Mereka yakni Pinasthi, Abdul Aziz, Taufikorahman, dan Dani Saiful Arifin.

Kini petugas masih memburu Sutristiyato, narapidana asal Pekalongan, Jawa Tengah. Dia merupakan napi pencurian dengan pemberatan.

Editor : Umaya Khusniah