Objek Wisata di Gunungkidul Siap Sambut Wisatawan, jika New Normal Diterapkan

Kuntadi ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 19:30 WIB
Objek Wisata di Gunungkidul Siap Sambut Wisatawan, jika New Normal Diterapkan
Keindahan alam dari puncak Gunung Api Purbo Nglanggeran, Gunungkidul. Foto : Kuntadi/iNews.id

GUNUNGKIDUL, iNews.id – Sejumlah objek wisata yang ada di Kabupaten Gunungkidul siap menyambut kunjungan wisatawan ketika new normal diterapkan. Dinas Pariwisata Gunungkidul sudah melakukan simulasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam new normal.

“Simulasi ini tidak hanya pada objek wisata, namun meluas di usaha jasa pariwisata,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono kepada wartawan, Rabu (10/6/2020).

Simulasi ini sudah dilaksanakan sejak hari Senin (8/6/2020) lalu sampai dengan besok pagi. Untuk tahap awal, simulasi dilaksanakan di Pantai Kukup, Baron, Gua Kalisuci dan juga Gunungapi Purba Nglanggeran. Sementara untuk usaha jasa pariwisata, simulasi pelaksanaan new normal dilakukan di HeHa Skyview dan beberapa restoran serta hotel.

“Nantinya akan kita evaluasi jika memungkinkan akan kita perluas,” ujarnya.

Pemkab Gunungkidul, sudah menyusul standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan new normal. SOP ini sudah disampaikan ke para pelaku pariwisata. Namun simulasi sesungguhnya baru akan dilaksanakan pada hari Jumat mendatang.

Simulasi ini, sifatnya masih terbatas dan hanya melibatkan pengelola dan penduduk sekitar. Simulasi merupakan praktik persiapan beberapa aktivitas pengelola melayani wisatawan.

“Simulasinya mulai dari wisatawan masuk, beraktivitas hingga menikmati objek wisata yang ada,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Pokdarwis Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan Desa Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu objek wisata di Gunungkidul yang akan melakukan simulasi new normal.

“SOP nya sudah kita bahas dengan pengelola dan sangat mungkin akan ada pembatasan jumlah wisatawan,” katanya.

Pengelola juga sudah menyiapkan beberapa sarana pendukung untuk pelaksanaan protokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tembak (thermo gun), tanda jaga jarak saat pembelian tiket, hingga persediaan masker.


Editor : Kuntadi Kuntadi