Olah TKP Kafe Legian Malioboro, Tim Labfor Polri Amankan 3 Barang Bukti

Heru Trijoko ยท Minggu, 11 Oktober 2020 - 07:52:00 WIB
Olah TKP Kafe Legian Malioboro, Tim Labfor Polri Amankan 3 Barang Bukti
Tim Labfor Polri melakukan olah TKP di Kafe Legian, Maliboro, Yogyakarta. (iNews.id/Heru Trijoko)

YOGYAKARTA, iNews.id - Tim Labfor Polri melakukan olah TKP di Kafe Legian, Malioboro, Yogyakarta yang terbakar akibat dilempar molotov saat demo menolak UU Cipta Kerja. Tim Labfor mengamankan tiga barang bukti dari lokasi.

"Ada tiga barang bukti yang kami amankan dari lokasi yakni pecahan botol, cctv, dan abu arang," kata penyidik Tim Labfor Polri, Kompol Totok Tri Kusuma, Sabtu (10/10/2020).

Dalam olah TKP itu menurutnya petugas Labfor dengan cermat meneliti dan mendokumentasi sejumlah barang bukti di lokasi. Dari pecahan botol yang ditemukan, kuat dugaan kebakaran dipicu dari bahan bakar yang berada di dalam botol tersebut.

"Sementara kita temukan kandungan BBM. Namun untuk lengkapnya kita akan periksa di Labfor Semarang," tuturnya.

Dia mengatakan, untuk pemeriksaan lebih lengkap, tim Labfor juga sudah membawa abu arang dari dua lantai bangunan kafe yang terbakar serta rekaman CCTV di lokasi. Hasil pemeriksaan Labfor akan diketahui secepatnya dalam tiga hari mendatang.

"Hasilnya sekitar tiga hari, tergantung dari permintaan. Tapi kita segera dapat kesimpulan," katanya.

Sementara itu terkait peristiwa ini, tim kuasa hukum pemilik kafe menduga kebakaran yang terjadi karena kesengajaan.

Pada demo gelombang pertama oleh buruh tidak terjadi kerusuhan. Namun pada demo berikutnya sekitar pukul 3 siang ada sekelompok orang berpakian hitam yang saat itu melakukan sesuatu hingga terjadi kebakaran.

"Kami sudah laporkan ke Polda DIY pada 9 Oktober. Dugaan kami ini dilakukan secara sengaja," ujar kuasa hukum pemilik kafe, Alouvie RM.


Editor : Reza Yunanto