Ortu Belum Ketemu, Bayi Telantar di Klinik Persalinan Diserahkan ke Dinsos Sleman

Kuntadi ยท Jumat, 10 Juli 2020 - 20:14 WIB
Ortu Belum Ketemu, Bayi Telantar di Klinik Persalinan Diserahkan ke Dinsos Sleman
Bidan Mei Muhartati menggendong bayi yang ditinggal kabur ibunya (Foto: iNews/Heru Trijoko)

SLEMAN, iNews.id – Bayi laki-laki yang ditinggal ibunya di tempat persalinan di Desa Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman, DIY, akhirnya diserahkan Dinas Sosial Sleman. Oleh Petugas kepolisian, bayi ini diberi nama Faiz Ahmaf Azami.

“Bayi telantar ini diupayakan mendapatkan pengasuhan sementara di dinas Sosial sampai penyelidikan tuntas,” kata Satuan Bakti Pekerja sosial Kemensos, Dinas Sosial Sleman, Subaidi, Jumat (10/7/2020).

Mekanisme penyerahan bayi ini dari pengelola klinik ke Polsek Depok Barat, untuk diteruskan ke Dinas Sosial Sleman. Proses pengasuhan akan dilakukan sampai dengan polisi berhasil mengungkap siapa orang tua bayi ini dan maksimal enam bulan.

Jika sampai enam bulan belum diketemukan, nantinya proses pengasuhan bisa dilanjutkan. Bayi ini pun bisa dibuatkan akta kelahiran, namun tidak tercantum nama kedua orang tuanya.

“Dari akta kelahiran itulah baru bisa dilakukan adopsi,” kata Subaidi.

Kanit Reskrim Polsek Depok Barat Iptu Isnaini mengatakan, sebelum diserahkan, bayi ini diberi nama Faiz Ahmaf Azami. Artinya anak yang akan mendapatkan keberuntungan, patuh dan memiliki niat atau tekad yang kuat.

“Semoga kasus ini bisa segera terungkap, dan orang tuanya bisa diketahui,” katanya.

Bayi laki-laki ini dilahirkan di klinik persalinan milik Mei Muhartati, pada Senin (6/7/2020) malam. Saat itu seorang ibu diantar pria paruh baya dan anak yang masih balita datang. Setelah ditolong, lahirlah bayi ini dan selang beberapa jam sang ibu kabur.


Editor : Kuntadi Kuntadi