Panggilan Antrean SIM di Polres Sleman lewat WhatsApp, Netizen: Tak Takut Kesalip

Nani Suherni ยท Rabu, 10 Juni 2020 - 14:24 WIB
Panggilan Antrean SIM di Polres Sleman lewat WhatsApp, Netizen: Tak Takut Kesalip
Tangkapan layar informasi pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) One Web Service, Polres Sleman, DIY

SLEMAN, iNews.id - Polres Sleman melakukan inovasi pada pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) One Web Service. Inovasi layanan ini sudah menerapkan E-Form, E-Notif, serta penambahan fitur baru yang dapat menunjang New Normal yaitu info antrean.

Dalam video yang direpost ulang akun Instagram Humas Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Layanan ini tampak direspon positif netizen.

Adapun penambahan fitur info antrean membuat pemohon SIM tidak perlu berkerumun menjuju loket selanjutnya. Dengan aplikasi tersebut masyarakat dapat memantau antrean pemohon sim secara real time dan akan mendapatkan panggilan melalui WatsApp.

Netizen pun menilai langkah ini menguntungkan kedua belah pihak. Pemohon tidak perlu takut antreannya disalip.

"Mantab lebih tenang antrenya, tidak takut kesalip antrean yang lain karena tidak dengar panggilan," tulis akun @rayyanzahwan.

Warga lain juga merasa lega karena penerapan secara online tersebut. Warga tak perlu lama menunggu di lama di kantor polisi.

"Bagus keren, inovasinya mengikuti perkembangan situasi new normal life pelayanan publik dengan tetap mengutamakan kenyamanan masyarakat sesuai protokol kesehatan supaya tetap physical distancing," kata betmio3086.

Berikut langkah-langkah menggunakan layanan ini;

1. Mengakses pada web https://simsatlantassleman.com/

2. Masuk pada menu info antrean

3. Masukan nomor Whatsapp

4. Masukan nomor antrean yang telah diterima pemohon SIM pada loket identifikasi

5. Tekan simpan (secara otomatis nomor antrean pemohon akan tersimpan pada server yang ada)

6. Selanjutnya pemohon dapat menunggu proses selanjutnya dengan memilih tempat menunggu antrean tanpa takut antreannya terlewati.

Nantinya akan ada notifikasi yang masuk melalui nomor WhatsApp terkait pemberitahuan bahwa pemohon agar datang pada loket selanjutnya. Harapannya dengan inovasi ini, Satpas Polres Sleman siap menuju new normal.


Editor : Nani Suherni